TK Al Kautsar Sosialisasikan Program Kurikulum Merdeka

TK Al Kautsar menyosialisasikan program kegiatan di TK Al Kautsar yang telah menerapkan kurikulum merdeka kepada orangtua murid.

“TK Al Kautsar sudah menyusun program intrakurikuler dan ekstrakurikuler serta projek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5 yang merupakan implementasi dari penerapan kurikulum merdeka,” kata Kepala TK Al Kautsar, Sukma Elia, Selasa (25/7/2023).

Menurut Elia, tahun ini, TK Al Kautsar memulai kegiatan intrakurikuler pramuka prasiaga untuk memupuk rasa cinta negara, beriman dan bertakwa, mandiri, gotong royong, bernalar kreatif dan kritis. Hal ini selaras dengan P5.

Untuk projek P5 TK Al Kautsar tahun ini diantaranya bertema Aku Cinta Indonesia, Kita Semua Bersaudara, serta Imajinasi dan kreatifitasku.

Elia mengatakan, usia dini adalah periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Apabila di ini pertumbuhan dan perkembangan tidak tercapai, maka akan sulit diperbaiki di kemudian hari.

“Pembelajaran di PAUD dan TK harus bermakna, menarik, dan fungsional bagi kehidupan anak di saat ini, dan masa mendatang,” tuturnya.

Menurut Sukma, sosialisasi program-program PAUD dan TK Al Kautsar telah dilakukan pada Pertemuan Orangtua Murid dan Guru (POMG), Sabtu kemarin (22/7/2023). Dihadiri oleh 159 orang tua dan wali murid TK Al Kautsar.

Dia mengajak orang tua murid untuk bersinergi dengan sekolah untuk mendidikan anak-anak mewujudkan visi Al Kautsar mencetak generasi unggul, islami, dan global.

Pada pertemuan orang tua murid dan guru kemarin sekaligus digelar Seminar Pendidikan dengan tema “Mendidikan Anak di Era Distrupsi Teknologi” yang disampaikan oleh Diah Utaminingsih, S.Psi. MA.Psi., Kaprodi Bimbingan Konseling Universitas Lampung.

Kegiatan seminar dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso yang menyampaikan bahwa Al Kautsar sudah memiliki kepala sekolah dan guru penggerak sehingga semua unit di Al Kautsar mulai dari TK, SD SMP, dan SMA sudah menerapkan kurikulum merdeka.

“Al Kautsar sudah memiliki kepala sekolah dan guru penggerak sehingga sekolah bisa menjalankan kurikulum merdeka, termasuk di jenjang TK Al Kautsar,” kata Wagiso.

Dia mengatakan, usia PAUD dan TK merupakan usia bermain, oleh sebab itu pembelajaran di TK dikemas melalui permainan dan lagu, tidak ada calistung dulu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para orang tua murid yang sudah mempercayakan anak-anaknya untuk bersekolah di TK Al Kautsar. Kami akan berusaha memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi anak-anak semua,” kata Wagiso.

dody wahyudi

Avatar