TK Al Kautsar Peringkat 4 Nasional Kids Band Festival

Tim drumband TK Al Kautsar, Bahana Ceria Al Kautsar berhasil memboyong dua medali dan enam piala pada Kompetisi Marching Band Taman Kanak-Kanak Kids Band Festival (KBF) yang digelar di Popki Cibubur Jakarta, Minggu (14/5/2023). Dengan perolehan tersebut, Bahana Ceria Al Kautsar berada di peringkat 4 nasional dari belasan tim yang berlomba pada divisi Konser Mandiri.

Sementara Juara 1 Nasional diraih oleh Kinderfield Drum Kids Tebet, Juara 2 diraih Diatonik Kidz, dan Juara 3 diraih oleh Gita Swara Pembina.

Kepala TK Al Kautsar, Sukma Elia mengatakan, pada lomba drumband memperebutkan piala bergilir Presiden RI tersebut, ada tiga divisi yang dilombakan yaitu Display Mandiri, Konser Mandiri dan Konser Nonmandiri

“TK Al Kautsar berlomba pada Divisi Konser Mandiri. Jadi, pada kategori mandiri ini semua alat musik dimainkan murni oleh anak-anak semua,” tutur Sukma Elia, Senin (16/5/2023).

Perolehan medali dan piala yang diraih Bahana Ceria Al Kautsar adalah Juara Terbaik 3 Drum Major, Juara Terbaik 3 Field Commander, Juara 2 Terbaik Busana Drum Major, Juara 3 Terbaik Busana Field Commander, Juara 4 Entertainment Terbaik, Juara 4 Visual Presentation Terbaik, dan Juara 4 Musical Presentation.

“Alhamdulillah dengan semua perolehan medali dan juara ini, Bahana Ceria Al Kautsar masuk peringkat 4 nasional,” ujarnya.

Sukma Elia menjelaskan, pada ajang ini, tim drumband Bahana Ceria Al Kautsar memiliki kekuatan pemain musik dan pemain pendukung sebanyak 49 orang, dengan satu gitapati dan empat paramanandi.

Gitapati Bahana Ceria Al Kautsar adalah Nazeera Choncita Asfa, sedangkan paramanandi terdiri dari Gendis Kumara Prayogo, Khalila Siti Khairunnisa, Mikhayla Rayaniya Ratu Andriansyah,dan Mikayla Felicia Rafaga.

Tim drumband TK Al Kautsar membawakan tema Arabian Night dengan dua lagu berjudul A Whole New World dan Speechless.

Sukma Elia mengatakan, drumband merupakan lomba konser yang memerlukan kerja sama, rasa percaya diri dan disiplin yang tinggi. Melalui drumband, siswa dilatih sejak dini untuk memiliki semua karakter tersebut.

“Semoga ke depan anak-anak terbiasa disiplin, terbiasa bekerja sama, dan selalu percaya diri,” tuturnya.

Dia menyatakan, rasa syukur atas peraihan prestasi Bahana Ceria Al Kautsar. Menurutnya, ketika pelatih dapat mengantarkan anak-anak ke tingkat nasional saja sudah merupakan suatu kebanggaan bagi TK Al Kautsar. Kalah dan menang adalah hal biasa. Namun, dia bersyukur ternyata TK Al Kautsar berhasil meraih prestasi pada ajang tingkat nasional ini.

“Alhamdulillah dengan kerja sama dan semangat tim, bisa mengantarkan tim drumband meraih dua medali dan enam piala,” katanya.

Sukma Elia menyatakan, semua prestasi ini tidak lepas dari dukungan yayasan, para orang tua/ wali murid, pelatih-pelatih yang hebat, arrensemen, dan semua tim yang telah memdukung Bahana Ceria Al Kautsar.

Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar, Rizal Effendi memberikan mengapresiasi atas perolehan prestasi tersebut.

“Alhamdulillah, TK Al Kautsar memang TK juara,” kata Rizal yang ikut melakukan pelepasan pemberangakatan tim drumban ke Jakarta, pada Sabtu kemarin.