Tim SMP Al Kautsar Maju ke Kihajar Stem Nasional

Tim SMP Al Kautsar yang terdiri dari Abiyyu Athallah Hannah, Aisyah Nabil’aisy Amira Sekantap, dan Farel Rakha Ramadhan berhasil lolos pada ajang Kita Harus Belajar Science Technology, Engineering and Mathematics (Kihajar Stem) tingkat Provinsi Lampung. Dengan begitu, tim SMP Al Kautsar mewakili Lampung untuk berlaga pada ajang Kihajar Stem tingkat nasional.

Guru pendamping lomba, Fatoni Latif mengatakan, lomba Kihajar Stem tingkat provinsi dilaksanakan seminggu lalu secara daring. Lomba ini diikuti oleh 20 tim perwakilan sekolah se Provinsi Lampung.

“Dari 20 tim yang bersaing di tingkat provinsi, diambil 2 tim terbaik untuk maju ke tingkat nasional. Alhamdulillah, tim Al Kautsar lolos dan maju mewakili Lampung ke nasional,” kata Fatoni.

Menurutnya, pada lomba Kihajar Stem ini, peserta mengerjakan 20 soal dalam waktu maksimal 90 menit. Peserta yang mampu menjawab soal secara benar dalam waktu tercepat yang menjadi pemenangnya.

Dia mengatakan, dalam lomba tingkat provinsi kemarin, siswa SMP Al Kautsar berhasil mendapat skor 75 dengan waktu pengerjaan masing-masing siswa 00.59.53, 01.23.01 dan 01.23.08.

Menurut Fatoni, Kihajar Stem bertujuan meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK, dan pendidikan karakter bagi siswa.

“Dengan mengikuti lomba ini, kami berharap, siswa Al Kautsar mampu berfikir kritis, kreatif, dan mengembangkan project berbasis Stem melalui pendayagunaan TIK,” ujarnya.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar