Tiga Siswa SMP Al Kautsar Maju ke OSN Provinsi

Sebanyak 15 pelajar SMP/MTs sederajat dinyatakan lolos Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Bandar Lampung dan maju ke OSN Tingkat Provinsi Lampung yang akan digelar pada 26-27 Juni 2023.

Dari 15 pelajar tersebut, tiga diantaranya dari SMP Al Kautsar, yaitu Evan Briano Regananta (medali emas IPA), Rafifah Kartiko Putri (medali perak IPS), Ayla Revita Hafsa (medali perunggu IPS).

Sedangkan pelajar lainnya berasal dari SMP Fransiskus, SMP Xaverius, MTsN 2 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung, SMPN 37 Bandar Lampung, SMP Pelita Bangsa, SMP Immanuel, SMP Pelita Bangsa, MTsN 1 Bandar Lampung, SMPN 14 Bandar Lampung, dan SMP Al Khairiyah.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas perolehan tiga medali pada OSN tingkat kota. Saya ucapkan selamat kepada siswa SMP Al Kautsar yang telah lolos, dan tetap semangat untuk mempersiapkan diri yang sebaik-baiknya untuk OSN tingkat provinsi,” ujar Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto, Selasa (30/5/2023).

Rudiyanto mengucapkan terimakasih kepada orang tua siswa yang telah mendukung secara moril dan materil untuk suksesnya siswa SMP Al Kautar dalam mengikuti OSN tersebut.

Menurut Rudi, terjadi peningkatan kelulusan dalam OSN tingkat kota dibandingkan tahun sebelumnya karena pihak sekolah dapat melakukan pembinaan langsung ke siswa. Berbeda dengan tahun lalu semua pembelajaran masih secara online karena dampak pandemi Covid-19.

“Kami juga sangat bersyukur karena SMP Al Kautsar termasuk sekolah yang terbanyak meloloskam siswa ke OSN tingkat provinsi dengan perolehan 3 medali,” tutur Rudiyanto.

OSN tingkat Kota Bandar Lampung 2023 digelar selama dua hari, 16-17 Mei lalu secara daring menggunakan smartphone berbasis android. Pelaksanaan OSN dipusatkan di SMPN 2 Bandar Lampung.

Ada tiga mata pelajaran yang dilombakan di OSN tingkat kota, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diikuti 247 peserta, Matematika diikuti 258 peserta, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diikuti 237 peserta.

Untuk persiapan ke OSN tingkat provinsi, lanjut Rudiyanto, selain bimbingan dan latihan dari guru-guru Al Kautsar, pihak sekolah juga akan mendatangkan pelatih olimpiade dari luar Al Kautsar.

Setelah ujian penilaian akhir tahun (PAT) dan selama liburan, siswa akan mendapat pelatihan intensif baik offline maupun online, menyediakan buku-buku olimpiade, melaksanakan try out, hingga memberikan motivasi kepada para siswa.

“Semoga nanti, tiga siswa ini tidak hanya siap secara materi, tetapi juga semangat dan mentalnya. Kami berharap di tingkat provinsi mereka kembali mendapatkan medali dan bisa maju ke OSN tingkat nasional,” ujar Rudi.

Sementara itu, guru pembina lomba, Fatoni Latif mengatakan, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) sudah mengeluarkan jadwal Uji Coba 1 dan 2 OSN SD/MI dan OSN SMP/MTs.

“Untuk Uji Coba 1 SMP/MTs digelar pada hari Sabtu tanggal 3 Juni 2023, dan Uji Coba 2 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Juni 2023,” tutur Fatoni.

dody wahyudi

Avatar