Tanamkan Akhlak Islami, SMA Al Kautsar Gelar Sanlat Siswa Baru

SMA Al Kautsar menggelar pesantren kilat (Sanlat) bagi 352 siswa baru kelas X selama tiga hari, Kamis – Sabtu (13-15/7/2023).

Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada para siswa baru yang hadir di Masjid Kampus Al Kautsar mengikuti pembukaan hari pertama Sanlat, Kamis (13/7/2023).

“Saya ucapkan selamat datang di kampus SMA Al Kautsar, SMA nya para juara. Kalian harus bangga, dari 1.280 yang mendaftar di Al Kautsar, hanya 352 yang diterima dan kalian lolos ke SMA Al Kautsar. Jadi kalian telah menyingkirkan 928 siswa yang ingin masuk ke sekolah ini,” kata Eko Anzair.

Dia menjelaskan, sanlat di SMA Al Kautsar dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu sanlat siswa baru, sanlat ramadhan, dan sanlat saat naik kelas XII bersamaan dengan kegiatan Orientasi Prestasi Siswa (OPS).

Salah satu visi Al Kautsar adalah membentuk akhlak baik dan karakter baik pada siswa, salah satunya melalui kegiatan Sanlat ini.

Eko memaparkan tujuan Sanlat diantaranya menanamkan sikap istiqamah pada siswa dalam menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya. Kedua, memberikan materi tata cara beribadah sesuai sunah Rasulullah. Ketiga, memberikan pemahaman adab kepada orang tua, guru, karyawan, dan teman. Keempat, memberikan motivasi dalam belajar secara Islami.

“Kegiatan Sanlat berbentuk ceramah terbuka dan praktik yang dibimbing oleh Ustadz dan Ustazah,” tutur Eko.

Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso juga mengucapkan selamat kepada para siswa yang berhasil lulus dan diterima di SMA Al Kautsar. Hal ini membuktikan bahwa siswa yang diterima adalah siswa berprestasi karena mampu bersaing dengan 1.280 peserta yang ingin masuk ke SMA Al Kautsar.

Wagiso menjelaskan tiga visi Al Kautsar yakni Unggul, Islami, dan Global.

Dari segi Unggul, Al Kautsar memiliki keunggulan dan prestasi di segala bidang, baik akademik, IT, bahasa, agama, hingga seni dan olahraga.

“Semoga nanti kalian mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi-prestasi Al Kautsar nantinya,” kata Wagiso.

Visi Islami adalah membentuk siswa yang mampu melakukan ibadah secara benar dan mencerminkan prilaku muslim serta muslimah yang baik. Lalu, mampu membaca Al Quran dengan benar, dan bagi siswa putra mampu menjadi imam shalat baik shalat wajib maupun shalat jenazah.

Visi ketiga adalah visi Global dengan menguasai kemampuan dan keterampilan dengan daya saing global, seperti kemampuan Teknologi Informasi, kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Jepang. Serta, memiliki wawasan dan pengetahuan global, tidak sempit.

“Tentunya untuk mencapai semua itu dibutuhkan kerja sama dari semuanya, terutama dari kalian para siswa agar serius mengikuti semua tata tertib dan kegiatan di SMA Al Kautsar, termasuk Sanlat ini. Diharapkan setelah Sanlat terlihat perubahan prilaku kalian yang lebih baik,” pungkas Wagiso.

dody wahyudi

Avatar