SMP Al Kautsar Terbitkan Buku Pantun Karya Siswa dan Guru

SMP Al Kautsar melalui Tim Gerakan Literasi Sekolah kembali menerbitkan buku yang merupakan kumpulan karya siswa, guru, dan karyawan. Buku berjudul “Aku, Kamu, Kita dan Pantun” ini merupakan buku ke-4 yang diterbitkan tim literasi SMP Al Kautsar. Tiga buku sebelumnya adalah antologi puisi berjudul “Di Bawah Bayang Kasih Sayang”, dan antologi cerita pendek “Tapak Bestari Edisi 1”, serta “Tapak Bestari Edisi 2.”

Buku “Aku, Kamu, Kita dan Pantun” diluncurkan bersamaan dengan pembukaan kegiatan Al Kautsar Event (AK Event) ke-XIII, Selasa (23/1/2024).

Secara simbolis, Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto menyerahkan buku tersebut kepada Pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Elya Sevawati, Ketua Yayasan Al Kautsar Lampung Wagiso, serta kepada kepala unit TK, SD, dan SMA untuk koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Diwawancara usai kegiatan, Ketua Tim Literasi SMP Al Kautsar, Nurhayati menjelaskan, pembuatan buku kumpulan pantun ini diawali dengan kegiatan Pelatihan dan Pembuatan Pantun dengan pemateri Dra. Hj. Nurwahidah pada Oktober 2023 lalu sebagai rangkaian peringatan Bulan Bahasa.

“Jadi, pada Oktober 2023, semua siswa mulai kelas 7,8, dan 9, mengikuti pelatihan itu, dan diberi tugas membuat pantun hari itu juga,” kata Nurhayati.

Setelah semua pantun terkumpul, dilakukan proses seleksi dengan memilih karya yang sesuai kaidah pantun, dilanjutkan dengan kurasi, editing, dan proses penyusunan buku pantun.

“Proses ini membutuhkan waktu satu setengah bulan, setelah itu buku dicetak. Untuk peluncurannya bersamaan dengan kegiatan AK Event XIII kemarin,” tuturnya.

Kumpulan pantun siswa, guru dan karyawan dimuat di buku setebal 226 halaman. Dibagi dalam enam jenis pantun, yaitu Pantun Agama, Pantun Jenaka, Pantun Nasehat, Pantun Pendidikan, Pantun Persahabatan, dan Pantun Muda-Mudi.

Anggota Tim Literasi SMP Al Kautsar, Desy Apriana menambahkan, kegiatan penerbitan karya siswa ini menjadi program rutin tahunan Tim Gerakan Literasi Sekolah SMP Al Kautsar, sekaligus menjadi kado Milad ke-32 Yayasan Al Kautsar Lampung.

“Semoga kegiatan dan penerbitan buku ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi dalam menumbuhkembangkan literasi di kalangan pelajar dan masyarakat,” kata Desy.

Tim Gerakan Literasi SMP Al Kautsar terdiri dari Nurhayati (ketua), dengan anggota Desy Apriana, Suci Martini, Fadilla Chintiya Dewi, dan Nurhastutik.

Tim literasi juga akan memberi apresiasi kepada 15 siswa dengan karya pantun terbaik.

Foto.
Kepala SMP Al Kautsar memberikan buku pantun kepada perwakilan dinas pendidikan Kota Bandar Lampung, Ketua Yayasan Al Kautsar, serta unit TK, SD dan SMA Al Kautsar untuk koleksi buku perpustakaan sekolah.

 

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar