SMA Al Kautsar Borong Juara Kompetisi Fisika Gloraska

Siswa SMA Al Kautsar kembali mencetak prestasi. Kali ini, tim SMA Al Kautsar berhasil meraih juara di dua cabang Gelaran Olimpiade Sains dan Silaturahmi Pendidikan Fisika (Gloraska) 2022 yang digelar pada 30 Juli–2 Agustus 2022.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh Aliansi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lampung ini, Muhammad Farid Abqori Ali Muchtar berhasil meraih juara I Olimpiade Fisika. Sedangkan dua tim SMA Al Kautsar berhasil meraih Juara Kompetisi Fisika Cerdas, yakni M. Arya Novandra, Alya Najwa Salsabila, dan Bunga Dika Ramadhani meraih Juara II, dan Rifat Farrel Alvishta, Nazwa Hanif Qotrunnada, dan Shoofiyah Risani meraih juara III.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair sangat mengapresiasi prestasi para siswa SMA Al Kautsar. Menurut dia, sebelumnya, siswa SMA Al Kautsar juga meraih juara mendominasi juara matematika pada ajang Dinamika XXIIi yang digelar Jurusan Matematika FMIPA Universitas Lampung. Hari ini, siswa SMA Al Kautsar kembali meraih prestasi Kompetisi Fisika di ajang Gloraska.

“Alhamdulillah, kami sangat senang, ini bukti bahwa SMA Al Kautsar adalah sekolahnya para juara. Terimakasih kepada para siswa dan guru yang telah bekerja keras berlatih dan memberikan hasil terbaik untuk Al Kautsar. Kami juga berterima kasih kepada para orangtua siswa atas dukungannya pada setiap program sekolah,” ujar Eko Anzair, Rabu (3/8/2022).

Guru Pembina Olimpiade dan LCT Fisika SMA Al Kautsar, Miftahul Hasanah mengatakan, ada beberapa cabang yang digelar pada Gloraska, yaitu Olimpiade Fisika, Kompetisi Fisika Cerdas, essay, dan poster, tetapi SMA Al Kautsar hanya mengirimkan siswa untuk mengikuti dua cabang lomba, yaitu Olimpiade Fisika dan Kompetisi Fisika Cerdas.

“Kami sangat bersyukur, siswa kami berhasil meraih juara pada dua cabang lomba itu,” kata Miftah.

Dia menjelaskan, ajang Gloraska dimulai sejak 30 Juli yang diawal dengan babak penyisihan. Untuk Olimpiade Fisika, para peserta mengerjakan soal piijan jamak secara online melalui web dan diawasi via Zoom, lalu di babak final ada 6 peserta yang bersaing memperebutkan juara dengan mengerjakan soal essay secara tatap muka di Gedung L FKIP Unila.

Sedangkan babak penyisihan pada Kompetisi Fisika Cerdas, para peserta mengerjakan 40 soal pilihan jamak secara tatap muka di Gedung L FKIP Unila. Lalu, diambil 9 tim untuk berlaga di babak semifinal.

“Pada semifinal ini ada tiga babak yakni wajib jawab, praktikum, dan rebutan,” jelasnya.

Selanjutnya, tiga tim bertarung memperebutkan juara di babak final. Tim Al Kautsar akhirnya berhasil menyabet juara II dan juara III Kompetisi Fisika Cerdas tersebut dan memperoleh piala, sertifikat, dan uang pembinaan.

Menurut Miftah, sebelum mengikuti lomba, para siswa terlebih dahulu mengikuti pelatihan baik secara online maupun tatap muka selama satu bulan sebelum lomba.

“Termasuk latihan untuk menghadapi babak praktikum,” tuturnya.
meraihLampung ini,

Foto. Tim SMA Al Kautsar meraih juara di Olimpiade Fisika dan Kompetisi Fisika Cerdas yang digelar Jurusan Fisika FKIP Universitas Lampung.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar