Siswa Baru SMA Al Kautsar Kenali Lingkungan Sekolah

Sebanyak 352 siswa baru SMA Al Kautsar mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari, 17 Juli, 18 Juli, dan 20 Juli 2023.

Kegiatan MPLS siswa baru ini bersamaan dengan kegiatan Orientasi Disiplin Siswa (ODS) yang diikuti oleh 386 siswa kelas XI, serta kegiatan Orientasi Prestasi Siswa (OPS) yang diikuti oleh 351 siswa kelas XII.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Ari Gunawan menyampaikan MPLS, ODS dan OPS merupakan kegiatan rutin tahunan yang wajib diikuti oleh siswa kelas X, XI, dan XII SMA Al Kautsar.

Secara resmi kegiatan MPLS, ODS, dan OPS dibuka oleh Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair.

Dalam sambutannya, Eko Anzair mengucapkan selamat datang kepada para siswa baru kelas X. Eko mengingatkan agar seluruh siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan lulus ke SMA Al Kautsar yang tidak bisa didapatkan semua orang.

“Harapan kami, kalian mengikuti semua kegiatan sekolah dengan baik hingga lulus nanti,” kata Eko, Senin (17/7/2023).

Eko menjelaskan, MPLS bertujuan mengenalkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolah, sistem belajar dan tata tertib di SMA Al Kautsar.

Sementara, untuk siswa kelas XI yang mengikuti kegiatan ODS, pihak SMA Al Kautsar bekerja sama dengan Korem 043/Garuda Hitam melatih kedisiplinan siswa.

“SMA Al Kautsar tidak hanya terkenal dengan prestasinya, tetapi juga kedisiplinannya. Oleh sebab itu, siswa kelas XI akan digembleng untuk lebih disiplin lagi di Al Kautsar,” tutur Eko.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada aparat TNI dari Korem 043/Garuda Hitam yang setiap tahun bekerja sama dengan Al Kautsar untuk melatih kedisiplinan siswa.

Selanjutnya, untuk siswa kelas XII yang mengikuti kegiatan OPS, Eko berpesan agar menjadi teladan bagi adik-adik kelas mereka yang duduk di bangku kelas X dan XI.

Menurut Eko, OPS bertujuan memperkenalkan siswa dengan beberapa perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan. Pihak sekolah mengundang alumni SMA Al Kautsar yang sudah diterima di PTN favorit untuk memberikan gambaran tentang perkuliahan di kampus. Pihak sekolah juga mengundang beberapa pemateri lain untuk mengenalkan prodi beserta prospek kerjanya.

“Kami mengundang beberapa alumni dan pemateri lainnya untuk membuka wawasan kalian, sehingga kalian punya visi, cita-cita, tahu kemana tujuan kalian nanti saat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” jelas Eko.

Kegiatan upacara pagi yang diikuti oleh semua siswa kelas X, XI dan XII tersebut ditutup dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa yang mengikuti kegiatan MPLS, ODS, dan OPS.

dody wahyudi

Avatar