Siswa Al Kautsar Diajak Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Satlantas Polresta Bandar Lampung mengajak seluruh siswa SMA Al Kautsar untuk menjadi menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, khususnya untuk tertib menggunakan helm SNI baik untuk perjalanan jauh ataupun dekat.

“Marilah kita bersama-sama mewujudkan agar wilayah Kota Bandar Lampung tertib menggunakan helm SNI. Sampaika pesan saya ini kepada seluruh keluarga, kerabat, tetangga dan seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung untuk mennuju Indonesia tertib bersatu, keselamatan nomor 1,” ujar Iptu Marwa mewakili Kasatlantas Polrestas Bandar Lampung Kombes Ikhwan Syukri, S.H., S.Ik., memberikan arahan pada upacara bendera di lapangan SMA Al Kautsar, Senin (6/11/2023).

Dalam upacara tersebut, Iptu Marwa juga menyampaikan Satlantas Polresta Bandar Lampung siap membantu dan bekerja sama dalam membina generasi muda khususnya kalangan pelajar seperti memberikan penyuluhan kepda para siswa/siswi tentang Peraturan Perundang-Undangan Lalu Lintas, Peraturan Baris-Berbaris, dan petunjuk-petunjuk dan informasi lainnya.

Menurutnya, kegiatan hari ini merupakan bagian dari kepedulian Satlantas Polresta Bandar Lampung untuk memupuk displin dan kepribadian siswa-siswa SMA Al Kautsar.

“Adik-adik semua adalah generasi muda penerus cita-cita bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan pembinaannya sehingga diharapkan menjadi generasi yang tangguh, berakhlak, serta mampu menghadapi segala tantantangan dan rintangan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Dia mengatakan, di lapangan masih ditemukan pelanggaran perundang-undangan serta peraturan berlalu lintas yang dilakukan oleh remaja dan pelajar, seperti belum memiliki SIM atau masih usia dini tetapi sudah mengendarai kendaraan sepeda motor, balapan liar dan merokok.

Data Satlantas Polrestas Bandar Lampung juga mencatat masih banyak korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak pelajar karena tidak disiplin dalam berkendaraan atau melakukan pelanggaran lalu lintas. Untuk itu Iptu Marwa mengingatkan para pelajar SMA Al Kautsar memperhatikan tiga hal dalam berkendara, yaitu siap mematuhi peraturan lalu lintas, siap kondisi kendaraan, dan siap kondisi pengendaranya.

Sementara, Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair mengatakan melalui kegiatan sosialisasi tentang perundang-undangan dan peraturan berlalu lintas ini, semua siswa SMA Al Kautsar menjadi lebih memahami kewajiban dalam menjaga ketertiban dalam berlalu lintas.

“Semoga siswa-siswa kami lebih memahami peraturan-peraturan berlalu lintas dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti harapan Ipu Marwa tadi, kami semua para guru termasuk siswa-siswa semua bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan menerapkan tata tertib berlalu lintas dan mengajak orang-orang di sekitar untuk tertib berlalu lintas,” tutur Eko.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar