SD Al Kautsar Tanamkan Jiwa Enterpreneur Siswa Melalui P5

SD Al Kautsar menggelar Marketing Day, Jumat (19/5/2023) bagi seluruh siswa kelas 4. Kegiatan bertema “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Siswa” ini merupakan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), implementasi dari Kurikulum Merdeka.

Kepala SD Al Kautsar, Amat Zaki Mubarok mengatakan, kegiatan Marketing Day bertujuan memberikan pengalaman kepada siswa tentang proses membangun suatu usaha atau bisnis makanan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill kewirausahaan siswa. Melalui Marketing Day, siswa belajar tentang proses membuat produk makanan, mengemas produk, hingga memasarkan produk ke teman, guru, dan para orang tua yang hadir dalam kegiatan bazar,” ujar Amat Zaki.

Para siswa juga belajar untuk bekerja sama, berdiskusi, menghargai perbedaan pendapat dan berpikir kreatif saat bekerja bersama teman-teman di kelompoknya.

Hal ini sesuai dengan tujuan P5, yaitu mewujudkan pelajar yang mampu berprilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

Bazar yang digelar di halaman SD Al Kautsar berlangsung meriah. Para siswa menjual beragam menu makanan kekinian yang menarik minat pembeli.

Harga-harga yang dijual pun bervariasi, mulai dari tiga ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah. Para siswa terlihat antusias menjajakan dagangan mereka kepada para pengunjung.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan penuh dari seluruh orang tua siswa,” pungkas Amat Zaki.