Rekor Baru, Peserta Amuse SMA Al Kautsar Capai 3.089 Pelajar

Ajang Multiselection Student Event (AMUSE) XIV mencatat rekor dengan jumlah peserta mencapai 3.089 pelajar SMP/MTs dari Lampung dan luar Lampung. Ribuan peserta tersebut akan mengikuti 29 cabang lomba yang digelar selama dua hari, Kamis – Jumat, 25-26 Januari 2024.

Ketua Pelaksana Amuse XIV SMA Al Kautsar, M. Dzaky Surya Saputra mengatakan jumlah peserta Amuse tahun ini memecahkan rekor peserta terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan Amuse.

“Peserta tahun lalu tercatat 2.143 pelajar, dan tahun ini pecah rekor mencapai 3.089 peserta,” kata Dzaky.

Menurutnya, semua ini hasil kerja keras tim panitia yang melibatkan semua ekskul di SMA Al Kautsar. Sebanyak 369 panitia ekskul yang terlibat dalam Amuse turun melakukan sosialisasi ke 200 sekolah yang ada di Lampung.

“Peserta tidak hanya dari pelajar di Provinsi Lampung, tapi juga ada yang dari Medan, Palembang, Yogya dan Kalimantan,” tuturnya.

Menurut Dzaky, tahun ini, ada 29 cabang lomba yang digelar, diantaranya MTQ, speech, roket air, tari kreasi, futsal, band, story telling, tandu darurat, dai dan daiyah, scrabble, PBB tongkat, e-sport mobile legend, english olympiad, basket, solo song, poster digital, adzan, combat tactical shooting, hasta karya, wall climbing, basket, estafet 4×100 meter, estafet 5×80 meter, serta lomba debat bahasa Indonesia (LDBI).

“Untuk LDBI digelar secara online, ini peserta banyak dari luar provinsi, seperti Yogya dan Kalimantan,” kata Dzaky.

Selain menggelar berbagai lomba, panitia Amuse juga mengundang artis ibukota Lutfi Aulia yang terkenal melalui lagunya berjudul “Langit Favorit”. Lutfi Aulia akan memeriahkam panggung Amuse Verse SMA Al Kautsar pada Jumat (26/1/2024), pukul 14.00 WIB.

Sementara, Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, Amuse XIV ini merupakan rangkaian kegiatan Milad ke-32 Yayasan Al Kautsar, serta menjadi sarana peningkatan mutu pendidikan sekaligus sebagai ajang mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang non-akademik.

“Sebagai sekolahnya Para Juara, sudah tidak terhitung berapa banyak prestasi bidang akademik dan non-akademik yang diraih oleh SMA Al Kautsar baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional,” kata Eko.

SMA Al Kautsar juga dinobatkan sebagai sekolah terbaik pertama di Provinsi Lampung versi LTMPT-UTBK tahun 2022. Untuk itu, Eko mengajak para peserta yang ingin bergabung dengan SMA Al Kautsar untuk segera mendaftar.

“SMA Al Kautsar sudah membuka pendaftaran peserta didik baru. Kami memiliki kelas Unggul, kelas Plus, dan kelas Reguler, serta menyediakan asrama putra dan putri bagi siswa yang berasal dari luar kota atau luar provinsi,” kata Eko.

Untuk pendaftaran jalur kelas Unggul dan Plus ditutup pada 31 Januari, dan pendaftaran jalur kelas Reguler mulai dibuka pada 20 Januari hingga 29 Februari.

Eko menyatakan, keketatan persaingan untuk masuk SMA Al Kautsar cukup tinggi. Dia menggambarkan, pada tahun lalu, peserta jalur Unggul, Plus, dan Reguler mencapai 1.180 peserta, sementara yang diterima hanya 352 siswa sesuai kuota SMA Al Kautsar, jadi ada 828 peserta yang belum bisa diterima.

“Bagi para juara 1,2 dan 3 di ajang Amuse ini akan ada tambahan poin tersendiri dalam seleksi siswa baru SMA Al Kautsar,” ungkap Eko.

Secara resmi, Amuse XIV dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso dengan memukul gong. Wagiso mengingatkan para peserta untuk memanfaatkan ajang Amuse tersebut untuk menampilkan bakat dan kemampuan terbaik sesuai bidang yang diminati.

“Kalah dan menang itu hal biasa dalam lomba, yang paling penting semua peserta memegang nilai kejujuran, disiplin, dan sportifitas,” ujar Wagiso.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar