Pelajar Berprestasi Serbu Jalur Unggul SMP dan SMA Al Kautsar

Para pelajar berprestasi menyerbu pendaftaran jalur unggul SMP dan SMA Al Kautsar. Pendaftaran jalur unggul SMP dan SMA Al Kautsar yang baru dibuka kemarin, Rabu (11/1/2023), sudah mencatat 70 pendaftar jenjang SMP dan 109 pendaftar jenjang SMA.

Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar, Rizal Effendi mengatakan, pendaftaran jalur unggul SMP dan SMA Al Kautsar bersamaan dengan jalur kelas Plus, yaitu mulai 11 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023 mendatang.

“Untuk kuota, masing-masing jenjang hanya satu kelas, yaitu satu kelas unggul dan satu kelas plus, dengan jumlah siswa 32 orang per kelas. Jadi, saingannya nanti akan sangat ketat,” tutur Rizal, Kamis (12/1/2023).

Persyaratan untuk mendaftar ke jalur unggul SMP Al Kautsar adalah rata-rata nilai untuk lima mata pelajaran, yaitu PAI, matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, selama lima semester minimal 7,75. Sedangkan untuk jalur unggul SMA, nilai rata-rata enam mata pelajaran yaitu PAI, IPA, IPS, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, minimal 7,75 selama lima semester terakhir.

“Pendaftar yang memiliki prestasi baik bidang akademik maupun non akademik, minimal tingkat kecamatan, dapat melampirkan fotokopi piagam prestasinya sebagai pertimbangan bagi panitia,” kata Rizal.

Selebihnya adalah syarat administrasi dengan mengisi formulir pendaftaran, fotokopi KK, fotokopi rapor, fotokopi struk gaji orang tua, pas foto hitam putih ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar, membayar uang pendaftaran Rp300 ribu, dilanjutkan dengan wawancara orang tua.

Untuk tes tertulis jalur unggul dan plus akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 3 sampai 5 Februari 2023 mendatang.

Di depan sekretariat PMB Al Kautsar terlihat puluhan orang tua mengantri untuk mendaftarkan anak-anak mereka ke jalur unggul SMP dan SMA Al Kautsar.

Warga Waydadi, Sukarame Rini, mengatakan sudah mengantri sejak pagi untuk mendaftarkan anaknya ke jalur unggul SMA Al Kautsar.

“Kebetulan anak saya memang di jalur unggul SMP Al Kautsar, jadi dia mau SMA-nya di Al Kautsar lagi, tapi mau nya jalur unggul juga,” kata Rini yang merupakan Ibunda dari Detama.

Menurut Rini, selain meraih juara 2 di kelas unggul SMP Al Kautsar, anaknya juga beberapa kali meraih prestasi tingkat nasional pada mata pelajaran IPS.

“Anaknya sering ikut perlombaan, di tingkat nasional ada prestasi bidang umum dan IPS. Pernah juga meraih juara 2 OSN tingkat provinsi,” ujarnya.

Rini mengatakan, selain belajar di sekolah, anaknya juga sudah rutin mengikuti bimbingan belajar baik di Al Kautsar maupun lembaga bimbel di luar sekolah.

“Tinggal lihat aja deh, mudah-mudahan lolos ke jalur SMA unggul,” harapnya.

Sementara itu, warga Wayhalim Bandar Lampung, Umi mengaku bersemangat mendaftarkan anaknya di jalur unggul SMA Al Kautsar.

“Anak saya dari kelas reguler, rangking 10 besar, tapi keinginan anaknya sangat besar mau mencoba unggul, jadi saya sebagai Ibu semangat juga,” kata Umi.

Namun, saat melihat banyak pendaftar jalur unggul dari para pelajar berprestasi, Umi mengaku deg-deg an juga melihat para pesaing anaknya.

“Cuma agak gemetar juga ini saingannya berat,” kata Umi sambil tertawa kecil.

Tidak hanya dari dalam Lampung, juga ada pelajar dari luar Lampung yang mendaftar ke jalur unggul SMA Al Kautsar, yaitu dari A
SMP Al Hasanah Bengkulu.

“Anaknya mau nya masuk ke SMA Al Kautsar, selain itu saya sebagai budenya juga nyaranin ke SMA Al Kautsar aja karena nanti lebih enak masuk ke PTN nya, karena SMA Al Kautsar kan bagus,” ujar Andri yang mengurus pendaftaran keponakannya ke Al Kautsar karena keponakannya masih sekolah di Bengkulu.

Foto.
Orang tua siswa antri di dalam hingga di luar ruangan Sekretariat PMB Al Kautsar di Kantor Yayasan Al Kautsar untuk mendaftarkan anak mereka ke jalur unggul SMP dan SMA Al Kautsar, Kamis (12/1/2023).

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar