Milad ke-31Al Kautsar, Ketua Yayasan Ajak Guru dan Karyawan Teladani Semangat Juang Para Pendiri

Yayasan Al Kautsar menggelar upacara Hari Lahir ke-31 Yayasan Al Kautsar yang jatuh pada Senin, 16 Januari 2023. Upacara diikuti oleh seluruh dewan guru, dan perwakilan siswa dari SD, SMP dan SMA.

Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso, yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan pidato Milad Al Kautsar. Wagiso mengingatkan seluruh karyawan, guru, termasuk siswa Al Kautsar tentang sejarah berdirinya Perguruan Al Kautsar yang berawal dari usulan para jamaah Pengajian Al Amal pada 1990 yang juga mendapat dukungan dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Lampung dan masyarakat Lampung.

Berkat perjuangan dan pengorbanan para pendiri Al Kautsar, diantaranya Gubernur Lampung kala itu Bapak Poedjono Pranyoto, Ibu Sri Mulyati Poedjono Prayoto, Man Hasan, Fauzie Saleh, Alhusniduki Hamim, dan Harris Hasyim, maka lahir lah Perguruan Al Kautsar. Pada 16 Januari 1992, Ketua Yayasan Al Kautsar Ibu Sri Mulyati Poedjono Pranyoto menandatangani SK Pendirian Perguruan Al Kautsar, yang kemudian setiap 16 Januari ditetapkan sebagai hari lahirnya Yayasan Al Kautsar.

“Setiap kita memperingati hari jadi Yayasan Al Kautsar, tidak lengkap rasanya bila kita tidak mengenang kembali bagaimana Al Kautsar ini dulu dilahirkan. Tujuannya, agar kita bisa mewarisi semangat juang dan juga semangat beribadah para pendiri yang telah berkorban untuk berdirinya Yayasan Al Kautsar ini,” kata Wagiso.

Dia juga mengajak para guru dan siswa serta keluarga besar untuk mendoakan para pendiri dan orang-orang yang telah berjuang dengan ikhlas membesarkan Al Kautsar agar menjadi amal jariyah bagi mereka selama Al Kautsar masih berdiri.

“Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengajak, mari teruskan perjuangan mereka agar Al Kautsar ini terus menjadi lebih baik dari masa ke masa,” ujarnya.

Menurut Wagiso, Al Kautsar telah melewati banyak halangan dan rintangan hingga bisa eksis sampai kini. Ia juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala sekolah, kepala unit, dewan guru, serta karyawan atas loyalitas, dedikasi, dan semangat juang yang tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa, berdaya saing dan berakhlakul karimah.

Wagiso bersyukur, banyak prestasi yang telah diraih Al Kautsar, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, naisonal, hingga internasional, baik di jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

“Khusus untuk SMA pada 2022 meraih banyak prestasi membanggakan, seperti meraih 2 medali emas dan 2 medali perunggu OSN, menjadi SMA terbaik di Provinsi Lampung versi LTMPT UTBK, serta mampu mengantarkan 93,94 persen lulusan ke PTN dan sekolah kedinasan,” tutur Wagiso.

Sementara, di jenjang TK, SD, dan SMP juga meraih banyak prestasi di bidang akademik dan nonakademik. Serta, mampu menanamkan adab dan akhlak yang baik yang ditunjukkan dalam prilaku keseharian di sekolah Al Kautsar maupun di rumah dan masyarakat.

“Adab dan akhlak adalah juga prestasi, sebab adab adalah sikap moral yang dihasilkan dari proses pendidikan, sedangkan akhlak adalah sikap moral yang dihasilkan oleh proses ibadah,” jelasnya.

Diakhir arahannya, Wagiso tidak lupa mengajak keluarga besar Al Kautsar untuk bersyukur kepada Allah Subhanahuwata’ala dan melakukan introspeksi diri, serta meningkatkan semangat bekerja dan beribadah untuk pencapaian visi Al Kautsar Unggul, Islami dan Global.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar