Lulus 100%, 287 Siswa SMP Al Kautsar Lakukan Sujud Syukur

Sebanyak 287 siswa kelas IX SMP Al Kautsar melakukan sujud syukur usai pengumuman kelulusan yang disampaikan oleh kepala sekolah, Kamis (8/6/2023), di Masjid Kampus Al Kautsar.

Sebelum pelaksanaan sujud syukur, Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto memberikan arahan dan pesan-pesan bagi para siswa.

Rudiyanto mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi para siswa kelas IX dan para orang tua siswa serta wali murid. Setelah tiga tahun mengikuti pendidikan di SMP Al Kautsar, maka hari ini akan diumumkan kelulusan sehingga siswa bisa melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya.

Rudiyanto menjelaskan, ada tiga kriteria yang digunakan dalam menentukan kelulusan siswa, yaitu memenuhi standar nilai tidak kurang dari nilai ketuntasan mininal (KKM) yang telah ditentukan sekolah, ketidakhadiran ke sekolah tidak lebih dari 12 hari, serta memiliki rekam jejak akhlak yang baik.

“Tiga kriteria itu, yakni akademik, kehadiran, dan akhlak merupakan syarat mutlak untuk bisa lulus dari SMP Al Kautsar. Sekarang coba tanyakan ke diri kalian, apakah kalian merasa pantas untuk lulus? Nilainya bagus tidak? Akhlaknya bagus tidak? Kehadirannya bagus tidak?,” tanya Rudiyanto mengajak para siswa melakukan kontemplasi diri.

Lebih lanjut, Rudi memaparkan, pada Rabu, tanggal 7 Juni 2023, telah dilaksanakan rapat kelulusan siswa kelas IX SMP Al Kautsar yang dihadiri oleh kepala sekolah, seluruh guru wali kelas, guru mata pelajaran, dan karyawan SMP Al Kautsar.

Menurut Rudi, secara kriteria akhlak, tentu saja tidak ada manusia yang tidak melakukan kesalahan. Ada saja perbuatan siswa yang kadang menyakiti hati guru. Namun, berkat kelapangan hati Bapak/Ibu guru selalu ada kata maaf untuk para siswa.

“Keluasan maaf dari Bapak dan Ibu guru ini semoga bisa mengantarkan kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih kesuksesan di masa yang akan datang,” kata Rudiyanto.

Diakhir arahannya, Rudiyanto menyatakan, berdasarkan hasil keputusan musyawarah dewan guru pada 7 Juni 2023, maka 287 siswa kelas IX SMP Al Kautsar dinyatakan lulus 100 persen.

“Alhamdulillah, kalian dinyatakan lulus 100 persen! Untuk mewujudkan rasa syukur kita kepala Allah, maka kita bersama-sama akan melakukan sujud syukur yang akan dipimpin oleh Bapak Haji Rizal Effendi,” tutur Rudiyanto.

Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar yang juga guru PAI SMP Al Kautsar, Rizal Effendi menjelaskan makna sujud syukur. Dia membacakan ayat 7 Surah Ibrahim dan artinya : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Menurut Rizal Effendi, sujud syukur merupakan tradisi dalam merayakan kelulusan di Sekolah Al Kautsar, bukan dengan melakukan hal-hal tidak bermanfaat seperti coret-coret pakaian.

“Salah satu wujud rasa syukur yang lain adalah dengan banyak bersedekah,” tuturnya.

Selanjutnya, Rizal Effendi membimbing seluruh siswa melakukan sujud syukur bersama-sama.

Waka Kesiswaan SMP Al Kautsar, Mery Oktarina juga ikut menegaskan kepada seluruh siswa untuk tidak melakukan aksi konvoi ataupun coret-coret merayakan kelulusan.

“Jaga nama baik almamater Al Kautsar, jangan lakukan aksi coret-coret atau kegiatan hura-hura yang tidak bermanfaat. Rayakan kelulusan kalian bersama orang tua dan keluarga di rumah,” pesan Mery.

dody wahyudi

Avatar