Lulus 100%, 271 Siswa SD Al Kautsar Teriakkan Takbir dan Sujud Syukur

PORTALLNEWS (Bandar Lampung) – Sebanyak 271 siswa kelas VI SD Al Kautsar dinyatakan lulus 100 persen. Pengumuman kelulusan dibagikan melalui amplop tertutup di Masjid SD Al Kautsar, Kamis (8/6/2023). Usai membuka amplop dan dinyatakan lulus, seluruh siswa serentak mengucapkan syukur dan bertakbir serta langsung sujud syukur.

“Alhamdulillah, Allahu Akbar, Allahu Akbar!” suara takbir ratusan siswa SD Al Kautsar menggema di masjid sekolah usai membuka amplop kelulusan yang dibagikan oleh guru. Ucapan takbir kemudian diiringi dengan sujud syukur sebagai bentuk ucapan syukur kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Sebelum pengumuman kelulusan, Kepala SD Al Kautsar Amat Zaki Mubarok menjelaskan ada tiga syarat kelulusan sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu: Pertama, berdasarkan nilai rapor kelas 4,5 dan 6, dimana siswa memiliki nilai yang bagus dan dinyatakan naik kelas. Kedua, dari nilai ujian sekolah yang memenuhi standar nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan ketiga, memiliki akhlak dan kelakuan yang baik.

“Berkelakuan baik itu, tidak nakal, memiliki adab sopan santun kepada orang tua, guru, dan teman-temannya. Melaksanakan adab sehari-hari mulai dari adab bangun tidur, adab mandi, adab makan. Adab sehari-hari dipraktekkan dengan baik,” tuturnya.

Amat Zaki membacakan ayat 185 surah Ali Imran dalam Al Quran yang artinya “Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan.”

“Ini lah makna lulus sebenarnya, makna sukses sebenarnya. Anak-anakku semua anak-anak hebat, anak-anak baik, Bapak doa kan semua lulus 100 persen,” pungkas Amat Zaki.

Usai arahan dari kepala sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama, dan pembukaan amplop pengumuman kelulusan. Dilanjutkan dengan sujud syukur dan bersalaman dengan guru sebagai ucapan selamat atas kelulusan siswa.