Jalur Unggul SMP dan SMA Al Kautsar Telah Dibuka, Ini Syarat-Syaratnya

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur kelas Unggul dan kelas Plus SMP dan SMA Al Kautsar telah dibuka sejak 10 Januari hingga 31 Januari mendatang. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui pmb.alkautsarlampung.sch.id atau langsung ke sekretariat PPBD Al Kautsar di Kantor Yayasan Al Kautsar.

Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar, Rizal Effendi mengatakan pada tahun ini kuota SMA Al Kautsar sebanyak 352 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas Unggul, 32 siswa kelas Plus, dan 288 siswa kelas Reguler. Sedangkan kuota SMP Al Kautsar sebanyak 288 siswa dengan rincian 32 siswa kelas Unggul, 32 siswa kelas Plus, 32 siswa kelas Tahfidz, dan 192 siswa kelas Reguler.

“Pendaftaran bisa online dan ofline, tetapi untuk wawancara orang tua siswa tetap harus datang ke sekretariat PPDB Al Kautsar di kantor yayasan,” kata Rizal Effendi, Sabtu (14/1/2024).

Untuk syarat-syarat pendaftaran SMP jalur Unggul dan Plus ini diantaranya mengisi formulir pendaftaran, pas foto hitam putih 3×4 (2 lembar), struk gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua, fotokopi KK (1 lembar), fotokopi rapor kelas IV, V, dan V yang telah dilegalisir.

“Untuk jalur unggul dan plus, nilai rata-rata lima mata pelajaran, yaitu PAI, IPA, IPS, matematika, dan bahasa Indonesia kelas IV, V, VI minimal 7,75,” kata Rizal.

Bagi yang memiliki prestasi akademik atau nonakademik juara 1,2,3 minimal tingkat kecamatan dalam tiga tahun terakhir, dapat melampirkan fotokopi piagamnya.

Sementara, syarat-syarat jalur Unggul dan Plus SMA Al Kautsar diantaranya fotokopi rapor SMP/MTs kelas VII, VII dan semester kelas IX yang telah dilegalisir, pas foto hitam putih 3×4 (2 lembar), mengisi formulir pendaftaran, fotokopi KK (1 lembar), fotokopi daftar gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua, serta fotokopi piagam prestasi juara 1,2,3 minimal tingkat kabupaten/kota dalam 3 tahun terakhir.

“Jalur Unggul dan Plus SMA Al Kautsar juga memiliki syarat nilai rata-rata minimal 7,75 untuk mata pelajaran PAI, IPA, IPS, Bahasa Indonesia matematika dan Bahasa Inggris,” tutur Rizal.

Selama pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Januari kemarin, sudah ramai para orang tua yang mendaftarkan anak mereka secara langsung ke sekretariat PPDB di Kantor Yayasan Al Kautsar.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar