Dua Siswa SMA Al Kautsar Ikut Jambore Dunia di Korea Selatan

Dua SMA Al Kautsar, Ahmad Revaldi dan Ahmad Agung Nugroho mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum, Korea Selatan, mulai 27 Juli hingga 12 Agustus 2023.

Kedua siswa SMA Al Kautsar ini bergabung bersama kontingen Pramuka Indonesia yang berjumlah 1.579 orang. Jambore Dunia ini merupakan perayaan Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Korea Selatan.

Pembina Pramuka SMA Al Kautsar, Datu Noplanol mengatakan, syarat untuk menjadi peserta Jambore Dunia, diantaranya berusia 14 sampai 18 tahun, dan merupakan anggota dari Gerakan Pramuka. Kedua siswa SMA Al Kautsar dipilih bersama puluhan anggota pramuka lainnya untuk mewakili Lampung menjadi kontingen Indonesia di Jambore Dunia.

“Di Korea Selatan, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan kepanduan, diantaranya berkemah dan city tour,” kata Datu, Kamis (3/8/2023).

Datu berharap, melalui kegiatan Jambore Dunia ini, siswa mendapatkan pengalaman serta keterampilan di bidang kepanduan, serta memiliki teman baru dari berbagai negara di dunia.

Sementara itu, di Korea Selatan, kedatangan para pramuka Indonesia disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto. Sesuai dengan Visi Emas pada 2045 yang dicanangkan pemerintah Indonesia, Gandi berharap pengalaman serta pendidikan yang diperoleh selama Jambore Dunia akan membuka wawasan dan mempersiapkan para generasi muda Indonesia menjadi pemimpin di berbagai bidang.

“Jambore Dunia merupakan kesempatan bagi adik-adik mengembangkan networking dan persahabatan dengan warga negara lain. A dream will remain a dream unless you implement it. Remember to stay humble and aim high for your success,” tutur Dubes Gandi Sulitiyanto.

Jambore Dunia 2023 diikuti oleh 43.000 pramuka dari 150 negara. Pada ajang ini akan dilaksanakan program 4S, yakni Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured, dan Sustainability. Serta program ACT, yakni Adventure, Culture and Tradition.

dody wahyudi

Avatar