Al Kautsar Gelar Lomba Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa

SMP dan SMA Al Kautsar menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan bulan bahasa dan hari Sumpah Pemuda. Ratusan siswa SMA Al Kautsar mengawali peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan melakukan upacara bendera, Jumat pagi (28/10/2022).

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat upacara.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ujar Eko Anzair membacakan sambutan Menpora.

Dalam pidato tersebut, Menpora menyatakan pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya,” tutur Eko.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan lomba fashion show busana daerah dan drama musikal.

Ketua Panitia Sumpah Pemuda SMA Al Kautsar, Muhammad Taufik mengatakan, lomba fashion show busana daerah dan drama musikal ditampilkan oleh para siswa perwakilan setiap kelas tingkat X dan XI.

“Tujuan kegiatan ini untuk memupuk kesadaran dan kebanggaan para pemuda akan bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia,” kata Taufik.

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Bahasa SMP Al Kautsar Lela Suri mengatakan, selama Oktober ini digelar rangkaian lomba memeriahkan bulan bahasa dan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada 14 Oktober lalu telah dilaksanakan lomba cipta puisi, cipta cerpen, baca puisi, pidato bahasa Lampung, dan speech contest. Juga dilaksanakan lomba bidang keagamaan berupa lomba azan, tahfiz, pembacaan asma alhusna, kaligrafi, dan mading.

“Nah, Kamis kemarin, 27 Oktober, kami menggelar lomba cipta cerpen yang wajib diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas VII sampai kelas IX,” kata Lela Suri.

Lomba penulisan atau cipta cerpen ini mengangkat tema Kegiatan Positif dan Inspiratif Pemuda sebagai Wujud Cinta Bangsa, Tanah Air, dan Bahasa Indonesia.

“Semua siswa wajib ikut, bisa menulis cerpen apapun yang isinya menginspirasi dan memberi motivasi untuk berkarya sebagai pemuda masa kini,” katq guru Bahasa Indonesia SMP Al Kautsar ini.

Menurut Lela, tulisan cerpen siswa ini akan dinilai oleh tim guru, dan cerpen-cerpen yang terpilih akan dibukukan.

“Sama seperti tahun lalu, kalau tahun lalu karya siswa yang dibukukan berbentuk puisi, kalau tahun ini berupa cerpen dan akan dibukukan juga,” tuturnya.

Foto:
SMA Al Kautsar menggelar lomba fashion show pakaian nusantara memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022).

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar