Al Kautsar Donasi Rp 144,3 Juta Untuk Palestina

Yayasan Al Kautsar menyalurkan donasi kemanusiaan untuk rakyat Palestina sebesar Rp 144.342.100 melalui Laznas Dewan Dakwah Perwakilan Lampung, Kamis (16/11/2023).

Secara simbolis penyerahan donasi dilaksanakan di ruang rapat utama Kantor Yayasan Al Kautsar. Diberikan oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso kepada Manajer Laznas Dewan Dakwah Perwakilan Lampung Cipto Wadi, disaksikan oleh Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, Kepala UAZ, serta perwakilan siswa TK, SD, SMP, dan SMA Al Kautsar.

Kepala Unit Amil Zakat (UAZ) Al Kautsar Muhadi, dalam laporannya menyampaikan, dana sebesar Rp144,3 juta tersebut berasal dari sumbangan siswa, dewan guru, dan orang tua/wali murid mulai TK, SD, SMP hingga SMA, serta dari lembaga bimbingan belajar dan grup tahsin Yayasan Al Kautsar.

Selanjutnya, Wagiso dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para dewan guru, siswa, orang tua siswa, staf dan pegawai yayasan Al Kautsar yang telah ikut berdonasi untuk membantu saudara-saudara di Palestina yang menjadi korban agresi militer dari zionis Israel.

“Hari ini kita menyalurkan donasi kemanusiaan Palestina melalui Laznas Dewan Dakwah perwakilan Lampung untuk disalurkan sampai kepada saudara-saudara kita di Palestina, apakah dalam bentuk makanan, obat-obatan atau pakaian, tergantung kondisi dan kebutuhan di sana,” kata Wagiso.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita di sana. Selain membantu donasi, tidak kalah penting kita umat muslim juga harus membantu dengan doa, agar kekejaman kemanusiaan disana dapat segera berakhir.” tutur Wagiso.

Sementara itu, Manajer Laznas Dewan Dakwah Perwakilan Lampung Cipto Wadi mengatakan, bantuan kemanusiaan untuk Palestina sudah menjadi program tahunan mereka, berupa bantuan tangki air bersih, sumur bor, makanan, obat-obatan, ambulan, renovasi rumah dan bantuan pendidikan dengan mendirikan Ma’had Tahfiz di Gaza.

“Kami bekerja sama dengan tiga lembaga lokal di Gaza, yaitu Ghirass, Gaza Destek, dan Hayir Kapilari. Kami masih bekerja sama dengan tiga lembaga kemanusiaan ini sampai saat ini,” jelas Cipto.

Sabtu kemarin (11/11/2023), Laznas Dewan Dakwah menyalurkan bantuan Rp2 miliar melalui Ghirass dan Hayir Kapilari untuk Gaza, Palestina.

Diawal agresi tentara zionis Israel, tim Laznas Dewan Dakwah masih bisa ikut masuk lewat Rafah untuk mendistribusikan bantuan makanan ke Gaza, tetapi saat ini belum bisa lagi.

Menurutnya, Laznas Dewan Dakwah juga ikut dalam bantuan bersama pemerintah Indonesia yang dikirimkan beberapa hari lalu, ada sekitar dua ton dari Laznas Dewan Dakwah. Bantuan ini disalurkan dua tahap oleh TNI angkatan udara Indonesia.

“Saat ini, kami juga sedang melakukan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk pengiriman bantuan makanan, pakaian, obat-obatan ke Gaza lewat jalur laut,” pungkasnya.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar