AK Event SMP Al Kautsar Dimeriahkan 1.568 Pelajar se Lampung

Al Kautsar (AK) Event ke-XII yang diselenggarakan oleh SMP Al Kautsar dimeriahkan oleh 1.568 pelajar SD/MI sederajat di Provinsi Lampung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso, Rabu (18/1/2023). Para peserta lomba akan mengikuti sekitar 13 cabang lomba AK Event selama dua hari ini.

Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta untuk mengikuti kegiatan AK Event. Dia juga mengucapkan selamat kepada semua peserta lomba yang telah diseleksi dari sekolah masing-masing dan terpilih mewakili sekolah untuk berkompetisi pada berbagai cabang lomba di AK Event.

“Selamat seluruh peserta lomba, ini menunjukkan bahwa anak-anak sekalian adalah siswa terbaik untuk bisa bertanding di SMP Al Kautsar,” kata Wagiso.

Dia mengatakan, AK Event dilaksanakan dalam rangka memperingati Milad ke-31 Yayasan Al Kautsar, dan juga untuk memacu semangat belajar siswa dalam meraih prestasi baik bidang akademik maupun nonakademik.

“Ini juga dalam rangka membentuk karakter siswa, karena dengan lomba tentu anak-anak sekalian bekerja keras, disiplin, sportif, dan jujur, sekaligus melatih mental untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Wagiso, melalui ajang AK Event, Al Kautsar juga mencari bibit-bibit unggul di bidang akademik dan nonakademik untuk diajak bergabung bersama keluarga besar Al Kautsar.

Sebagai bentuk apresiasi dari Al Kautsar, bagi peserta yang meraih Juara I bidang Olimpiade, LCT, MTQ, Hafiz Quran, dan Dai, akan mendapat kesempatan untuk diterima di SMP Al Kautsar tanpa tes.

“Selamat berlomba, kalah menang itu hal biasa, tapi junjung tinggi sportivitas dan kejujuran itu yang penting, kalau kita jujur kita akan bangga,” tuturnya.

Pembukaan AK Event yang dilaksanakan di plaza SMP Al Kautsar diikuti oleh seluruh dewan guru, pembina, pengurus, dan pengawas yayasan Al Kautsar, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, serta seluruh peserta lomba dan guru pendamping.

Sementara itu, Kepala SMP AKA Rudiyanto, mengucapkan terimakasih atas antusias yang luar biasa dari para peserta dalam mengikuti AK Event SMP Al Kautsar.

“Pesertanya luarbiasa antusias, mencapai lebih dari dari 1.500 peserta. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak-Ibu guru pembimbing dari sekolah masing-masing yang mengutus siswa terbaiknya untuk berkompetisi di event ini,” kata Rudiyanto.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini, SMP Al Kautsar menerapkan kurikulum nasional baik Kurikulum 2013 ataupun Kurikulum Merdeka. Saat ini, SMP Al Kautsar juga telah membuka pendaftaran penerimaan murid baru (PMB) untuk jalur kelas unggul dan plus.

“SMP Al Kautsar memiliki empat jalur PMB, yaitu kelas unggul, kelas plus, kelas tahfiz, dan kelas reguler,” kata Rudiyanto.

Dia menjelaskan, kelas unggul merupakan kelas bagi siswa-siswa berprestasi dengan menawarkan banyak beasiswa, yaitu bagi siswa yang meraih rangking 1-5 mendapat keringanan biaya pendidikan 100%, bagi rangking 6-10 mendapat keringanan biaya pendidikan 50%, dan bagi siswa yang meraing rangking 11-15 mendapat keringanan 30%.

Sedangkan kelas
hafiz diperuntukkan bagi siswa yang berkomitmen untuk menghapal Al Quran, kelas Plus memiliki program khusus di bidang Bahasa Inggris, diantaranya English Day, Native Speaker, English Camp dan Outdoor Study.

“Kelas reguler, selain menerapkan kurikulum nasional, juga ditambah pembelajaran tahfiz Quran, kurikulum Bahasa Inggris, serta program Adab Al Kautsar. Sebab, SMP Al Kautsar konsen untuk menciptakan siswa-siswi berakhlakul karimah,” tuturnya.

Selanjutnya, Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Dwi Hayati yang merupakan pengawas SMP Kota Bandar Lampung, menyampaikan sambutan di depan para peserta. Dia mengucapkan selamat Milad ke-31 untuk Yayasan Al Kautsar dan mendoakan Yayasan Al Kautsar, khususnya SMP Al Kautsar lebih sukses dan maju lagi ke depannya.

“Ini merupakan suatu kebanggaan karena sekolah Al Kautsar mampu untuk menunjukkan kualitasnya sehingga peminat dari kalangan orang tua untuk mempercayakan putra-putri di Yayasan Al Kautsar sangat tinggi,” ujarnya.

Ketua Pelaksana AK Event, Fatoni Latif mengatakan, peserta AK Event mencapai 1.568 pelajar yang berasal dari 72 sekolah dari berbagai kabupaten/kota. Diantaranya, dari Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Utara, Tulang Bawang, Metro, Lampung Timur, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Tengah dan Tanggamus.

Foto.
Para peserta sedang mengikuti LCT pada ajang AK Event di SMP Al Kautsar, Rabu (18/1/2023).

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar