81 Siswa SMA Al Kautsar Lolos SNMPTN

Sebanyak 81 siswa SMA Al Kautsar lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ke berbagai PTN favorit di Indonesia.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, tahun ini ada 81 siswa kelas XII SMA Al Kautsar yang diterima melalui jalur SNMPTN, dengan rincian 51 siswa dari jurusan IPA, dan 30 siswa jurusan IPS.

“Jumlah siswa yang lolos SNMPTN tahun ini, meningkatkan dibandingkan tahun kemarin. Tahun kemarin ada 71 siswa kita yang lolos, dan tahun ini 81 siswa lolos SNMPTN,” ujar Eko Anzair, Rabu (30/3/2022).

Eko memaparkan, 81 siswa tersebut diterima di berbagai jurusan di perguruan tinggi negeri ternama diantaranya Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Unila), FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB), Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), Jurusan Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lalu, Teknik Elektro Universitas Brawijaya (Unibraw), Teknik Perkeretaapian Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Jurusan Teknologi Pangan Uiversitas Padjajaran (Unpad), Pendidakan Matemarika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS), Ilmu Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri), Admisnitrasi Bisnis Universitas Diponegoro (Undip), dan Hubungan Ineternasional Universitas Jember.

Eko mengucapkan selamat kepada 81 siswa yang lolos jalur nontes tersebut. Dia juga memberi motivasi bagi yang siswa yang belum berhasil lolos lewat jalur SNMPT untuk tetap semangat mencapai cita-cita kuliah di PTN yang diidamkan.

“Bagi siswa yang belum diterima, tetap semangat. Masih ada jalur SBMPTN, jalur mandiri, dan sekolah-sekolah kedinasan. Siapkan diri kalian secara maksimal, sehat fisiknya, kuat mentalnya, belajar, iringin dengan doa dan tawakkal. Semoga nanti banyak lulusan SMA Al Kautsar yang lolos lewat jalur SBMPTN, jalur mandiri ataupun masuk ke sekolah kedinasan,” tutur Eko.

Menurutnya, pihak sekolah melakukan pendampingan kepada para siswa yang ingin mendaftar melalui jalur SNMPTN. Beberapa pertimbangan yang diberikan kepada siswa dan orangtua siswa adalah nilai akademik siswa mulai semester 1 hingga semester 5, serta minat dan bakat siswa baik dari hasil psikotes maupun perkembangan selama di sekolah.

Pertimbangan yang tidak kalah penting adalah grade program studi dan perguruan tinggi negeri yang dipilih agar peluang untuk lolos SNMPTN menjadi lebih besar.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar