386 Siswa SMA Al Kautsar Ikuti Sanlat Ramadan

Sebanyak 386 siswa kelas X SMA Al Kautsar mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadan selama tiga hari, 12-14 April 2023.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, pesantren kilat Ramadan diwajibkan bagi siswa kelas X yang mau baik ke kelas XI. Ini merupakan program rutin tahunan SMA Al Kautsar untuk menambah wawasan ilmu Islam dan menanamkan akhlatul karimah meneladani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Saya berharap, semua siswa benar-benar mengikuti kegiatan pesantren kilat ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat dari kegiatan pesantren kilat ini bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa istiqamah,” ujar Eko Anzair.

Ketua Panitia Sanlat Ramadan SMA Al Kautsar, Eldi Alfirudi mengatakan, 386 siswa kelas X yang menjadi peserta Sanlat terbagi atas 160 siswa putra dan 226 siswa putri. Semua peserta Sanlat menginap selama dua malam di sekolah.

“Kami melibatkan 11 ustaz dari luar Al Kautsar untuk menyampaikan motivasi dan materi selama Sanlat,” kata Eldi, Jumat (14/4/2023).

Beberapa materi yang disampaikan selama Sanlat adalah Fiqih Salat, Fiqih Puasa, Fiqih Zakat, Adab di Masjid, Pengurusan Jenazah, Khotmil Quran, dan Kaligrafi. Selain materi agama juga ada materi motivasi untuk giat belajar dan berprestasi yang disampaikan oleh Ustaz Amiruddin dan Ustaz Sukirman.

“Ada dua program baru pada Sanlat tahun ini, yaitu khotmil Quran atau khatam Quran, serta lomba kaligrafi yang diawali dengan materi kaligrafi di kelas pada hari sebelumnya,” tutur Eldi.

Menurut Eldi, kegiatan sanlat tidak hanya diisi dengan penyampaian materi, tetapi peserta juga langsung melakukan praktik, seperti pengurusan jenazah, siswa melakukan praktik memandikan, mengkafani dan menyalatkan jenazah menggunakan boneka.

Pada malam kedua Sanlat Ramadan yang bertepatan dengan malam ganjil dan malam Jumat, maka seluruh peserta putra diajak ber-iktikaf di Masjid Kampus Al Kautsar.

“Kegiatan iktikafnya zikir, membaca Al-Quran, salat tasbih, dan salat taubat,” kata Eldi.

Eldi bersyukur, Sanlat Ramadan dengan tema Menjadi Generasi Qurani dengan Meneladani Akhlak Nabi di Bulan Suci, berjalan dengan baik dan lancar. Dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mendukung pelaksanaan Sanlat, diantaranya Sekretaris M Zainul Wahid, Bendahara Umi Latifa, dan Koordinator Kurikulum Ustaz Nofrian Palendra.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman panitia yang telah bersama-sama bekerja keras untuk kelancaran kegiatan Sanlat ini. Dan, untuk para siswa, kami berharap dengan mengikuti Sanlat Ramadan ini dapat menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan mencontoh akhlak Rasulullah,” tutupnya.

Foto.
Siswa kelas X SMA Al Kautsar mengikuti Sanlat Ramadan di sekolah setempat selama tiga hari, 12-14 April 2023.

dody wahyudi

Avatar