18 Siswa SMA Al Kautsar Maju ke Olimpiade Sains Tingkat Provinsi

Sebanyak 18 siswa SMA Al Kautsar lolos pada ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat kota Bandar Lampung dan maju pada Olimpiade Sains Tingkat Provinsi Lampung (OSN-P). Hal ini berdasarkan kepada Surat Pengumuman Pemenang dari Pusat Prestasi Nasional dan Penetapan Daftar Pemenang OSN Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung yang disampaikan ke SMA Al Kautsar pada Selasa sore (14/6/2022).

Guru Pembina OSN SMA AL Kautsar, Guntur mengatakan, ajang OSN-K berlangsung pada 23-25 Mei 2022 lalu. Berdasarkan pengumuman pemenang, siswa SMA Al Kautsar menjadi peserta terbanyak yang berhasil lolos ke OSN Tingkat Provinsi, yakni berjumlah 18 siswa, menyusul dari SMAN 2 Bandar Lampung sebanyak 17 siswa, SMAN 5 Bandar Lampung 9 siswa, MAN 1 Bandar Lampung 9 siswa, selebihnya tersebar di SMA lain, diantaranya SMA Xaverius, SMAN 1 Bandar Lampung, SMA Fransiscus, SMA Quran Darul FAttah, SMAN 9 Bandar Lampung.

“Alhamdulillah ada 18 siswa SMA Al Kautsar yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi, dengan delapan siswa meraih medali, yakni tiga medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu. Ini menjadi medali terbanyak yang disumbang oleh SMA Al Kautsar di Kota Bandar Lampung,” ujar Guntur, Kamis (16//6/2022).

Ke 18 siswa SMA Al Kautsar yang berhasil lolos ke OSN-P, adalah Fahmi Aziz Firmansyah (Astronomi), Puan Azra Salsabila (Astronomi), Aqiilah Hafizh Randyansyah (Biologi), Yarra Adinda Gunawan (Biologi), Dinda Lathifa Khoirunnisa (Ekonomi), Zahra Anisa Rahman (Ekonomi), Adellia Rizky Putri (Ekonomi), Dimas Dwi Rachmat Susilo (Geografi), Muhammad Ab’Du Al Hafizh (Geografi), Meylin Sabrina (Geografi), M. Rif’At Syauki (Informatika), Ghalib Safaraz Harimurti (Informatika), Muhammad Nabhan Dzaki Aufar (Kebumian), Muhammad Ananda Rahmating Gusti (Kebumian), Khanza Zahran (Kebumian), Muhammad Okto Huzainy (Matematika), Affan Al-Habibie (Matematika), Nadia Andraneta Mursya (Matematika).
Ada sembila mata pelajaran yang dillombakan di OSN-K, yakni matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.

Ditemui terpisah Eko Anzair, M.Si selaku kepala SMA Al Kautsar juga mengaku bersyukur atas hasil yang ditorehkan oleh Tim Olimpiade Sains SMA Al Kautsar. “Kami bersyukur atas hasil OSK tahun ini, ditengah tantangan yang berat untuk anak-anak latihan saat kondisi pandemi tapi para siswa masih bisa bersinergi dengan baik sehingga hasil OSK bisa sesuai harapan kami” Ujar eko

Berdasarkan data dari Pusat Prestasi Nasional, OSN-K diikuti oleh 230.562 siswa se Indonesia untuk sembilan bidang pelajaran yang dilombakan. Plt. Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menegaskan daftar pemenang OSN-K ini ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi berdasarkan hasil penilaian dewan juri.

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar