SMP Al Kautsar Gelar Project Perdana Profil Pelajar Pancasila

SMP Al Kautsar menggelar Project Penguatan Profil Pancasila perdana bagi siswa kelas 7, Jumat (23/9/2022). Project bertema Panen Raya ini berupa bazar makanan hasil olahan para siswa kelas 7 yang dibagi dalam beberapa kelompok.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan pelaksanaan kegiatan Project Penguatan Pelajar Pancasila bertujuan menanamkan enam dimensi yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

“Anakku sekalian pemerintah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka yang didalamnya ada Project Penguatan Profil Pancasila, insyaallah nanti berkelanjutan. Diharapkan anak-anak tumbuh menjadi orang-orang yang bertakwa kepada Allah, bekebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif,” ujar Rudiyanto.

Dia mengimbau siswa-siswa kelas 8 dan 9 untuk turun ke acara bazar Panen Raya sekitar pukul 8.30 WIB dan membeli produk yang dijual oleh adik-adik kelas mereka.

“Ingat, hari ini kita berbahagia, Senin nanti kalian sudah mulai PTS, jadi kalian tetap menjadi pelajar yang sudah siap untuk bertempur mengikuti penilaian tengah semester,” tuturnya.

Rudiyanto memukul gong sebagai simbol dibukanya Project Panen Raya perdana yang merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka.

Selanjutnya, Guru Penggerak SMP Al Kautsar, Desi Apriana memandu acara presentasi produk yang disampaikan perwakilan siswa kelas 7, Muhamamah Ar-Raihan.

Ar-Raihan menjelaskan tentang keunggulan produk bolu pisang yang mereka jual hati ini, diantaranya bahan-bahannya dengan kualitas premium.

“Bahan-bahan inilah yang membuat rasa bolu pisang buatan kami berbeda dengan bolu pisang lainnya,” kata Raihan yang disambut tepuk tangan teman-temannya.

Raihan juga membawa contoh produk bolu pisang yang akan mereka jual di bazar dan mempersilahkan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah untuk mencicipinya.

Selanjutnya, para siswa kelas 7 mulai menpersiapkan produk dagangan mereka di plaza SMP Al Kautsar.

Foto.

Guru dan orangtua siswa ikut meramaikan kegiatan bazar, Jumat (23/9/2022), yang merupakan kegiatan perdana Project Pelajar Pancasila SMP Al Kautsar,

Yayasan Al Kautsar Lampung

Avatar