Awali Pelajaran Baru, SD Al Kautsar Gelar MPLS dan Sanlat

Sebanyak 226 siswa baru SD Al Kautsar berkeliling melihat fasilitas sekolah, diantaranya ruang perpustakaan, UKS, masjid, dan ruang kelas.

Kegiatan MPLS digelar selama dua hari, Senin-Selasa (17-18/7/2023). Bersamaan dengan ini juga digelar pesantren kilat (Sanlat) bagi 228 siswa kelas 6 digelar selama tiga hari, Senin-Rabu (17-19/7/2023).

Kepala SD Al Kautsar, Amat Zaki Mubarok mengatakan, kegiatan MPLS bertujuan untuk memperkenalkan siswa-siswa baru dengan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, dan tata tertib sekolah.

“Diantaranya siswa diajak melihat ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas IT nya, melihat mushala SD, ruang perpustakaan, ruang guru dan kepala sekolah,” kata Amat Zaki Mubarok.

Siswa juga dijelaskan tentang tata tertib sekolah, baik jadwal masuk, pulang, maupun jadwal istirahat siang. Selanjutnya, guru menjelaskan tentang adab di sekolah Al Kautsar, diantaranya mengucapkan salam saat bertemu orang lain, hormat dan patuh pada guru dan orang tua, mengawali belajar dengan asmaul husna dan doa belajar, serta melaksanakan shalat dhuha.

“Kami mengenalkan adab dan kebiasaan yang dilakukan di sekolah Al Kautsar dalam membangun akhlakul karimah para siswa sejak dini,” tutur Amat Zaki.

Begitu juga dengan pelaksanaan Sanlat bagi siswa kelas 6 bertujuan membentuk karakter siswa yang beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahuwata’ala, berilmu dan memiliki akhlakul karimah sesuai dengan Al Quran dan sunnah.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Sanlat adalah tahsin, thaharah, tata cara shalat wajib dan shalat sunah, zikir dan doa setelah shalat, serta adab sehari-hari.

“Semoga dengan mengikuti Sanlat secara serius dan bersungguh-sungguh, siswa memiliki bekal ilmu tentang tata cara ibadah yang benar, serta adab yang baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Amat Zaki.

dody wahyudi

Avatar