Al Kautsar Terapkan Kurikulum Merdeka Mulai Tahun Ajaran Baru

Perguruan Al Kautsar mulai menerapkan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023. Kurikulum merdeka diterapkan mulai dari jenjang TK B, kelas I dan IV SD, kelas VII SMP dan kelas X SMA.

“Jadi, mulai ajaran baru pada 18 Juli 2022 nanti, Al Kautsar sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka,” ujar Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar Ridzal Effendi, Kamis (2/6/2022).

Untuk itu, lanjutnya, pada Selasa kemarin telah dilakukan Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka bagi para guru TK, SD, SMP dan SMA Al Kautsar dengan mengundang nara sumber dari Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung, Bambang Irawan, MPd.

“Kami mengumpulkan guru mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA untuk menyosialisasikan tentang kurikulum merdeka, selanjutnya guru di setiap unit yang akan membuat modul dan materi bahan ajar kurikulum merdeka,” ujar Rizal Effendi.

Dia mengungkapkan, pada kurikulum merdeka ada keleluasaan bagi siswa untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat serta passion pada bidang yang diinginkan.

“Jadi, dalam kurikulum merdeka diberikam satu jam khusus untuk pembuatan project yang melibatkan seluruh mata pelajaran dan berkolaborasi dengan profesional,” urainya lebih lanjut.

Menurut dia, sesuai kurikulum merdeka, ditargetkan dua project dalam satu semester. Rizal mencontohkan, jika dilaksanakan project pengomposan sampah, maka guru lintas mata pelajaran akan saling berkolaborasi dalam melaksanakan project tersebut, serta melibatkan ahli atau profesional di bidang pengomposan.

Rizal mengatakan, pembelajaran melalui kegiatan project memberikan kesempatan lebih luas kepada siswa untuk aktif mengekplorasi isu-isu aktual, seperti isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya.

Dia menjelaskan, penerapan kurikulum merdeka mulai tahun ini bertujuan mempersiapkan semua unit di Peguruan Al Kautsar menjadi sekolah penggerak sesuai program Kemendikbud Ristek.

“Kita siapkan dulu kurikulumnya karena nantinya semua sekolah akan menjadi sekolah penggerak,” ujarnya.

Sementara, Kepala SD Al Kautsar, Yus Indra mengatakan, pihaknya siap melaksanalan kurikulum merdeka sesuai program pemerintah.

“Kami siap mendukung dan melaksanakan program pemerintah berupa kurikulum merdeka,” tuturnya.