MPLS SMP Al Kautsar Kenalkan Kurikulum Merdeka Kepada Siswa Baru

SMP Al Kautsar menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 296 siswa baru selama tiga hari, Selasa-Kamis (19-21/7/2022). Dalam kegiatan MPLS ini, siswa baru dikenalkan dengan tata tertib dan program pembelajaran sekolah, terutama tentang Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, dan Pelajar Al Kautsar.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan, mulai tahun ini, SMP Al Kautsar menerapkan kurikulum merdeka. Guru-guru Al Kautsar telah dipersiapkan melalui beberapa kali seminar dan in house training tentang penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Guru lintas mata pelajaran sudah menyiapkan Project Profil Pelajar Pancasila dengan dibantu oleh para guru penggerak SMP Al Kautsar.

“Kami menyosialisasikan tentang penerapan kurikulum merdeka kepada siswa, bagaimana proses pembelajarannya, aktivitasnya apa saja, termasuk kegiatan Project Profil Pelajar Pancasila yang nanti akan mereka lakukan,” ujar Rudiyanto.

Menurut Rudiyanto, melalui sosialisasi ini, diharapkan siswa siap mengikuti pembelajaran secara efektif selama tiga tahun di SMP Al Kautsar.

Ketua Pelaksana MPLS SMP Al Kautsar, Nurwahida mengatakan, selain penyampaian materi di dalam kelas, siswa juga mengikuti Tata Upacara Bendera (TUB) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang bekerjasama dengan Purna Paskibraka Indonesia Cabang Lampung.

Beberapa materi yang disampaikan selama MPLS adalah Wawasan Wiyata Mandala yang berisi tentang pengenalan Al Kautsar, sejarah Al Kautsar, program pembelajaran di SMP. Lalu, materi tentang kurikulum merdeka, penumbuhan Profil Pelajar Pancasila, belajar efektif, dan tata krama.

“Siswa baru juga dikenalkan dengan profil pelajar Al Kautsar yaitu tentang adab siswa Al Kautsar, dan kebiasaan ibadah di sekolah seperti membaca asmaul husna dan mengaji sebelum belajar, shalat dhuha, serta shalat berjamaah bagi siswa putra,” tutur Nurwahida.

Menurutnya, kegiatan MPLS melibatkan guru-guru sebagai tutor, dan sembilan pengurus OSIS dari kelas IX.

Diharapkan, setelah mengikuti MPLS, para siswa baru lebih mengenal lingkungan sekolah, tata tertib sekolah, serta sistem dan program pembelajaran di sekolah.

Sebelumnya, para siswa baru juga telah mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat) yang digelar pada Sabtu-Senin (16-18/7/2022).

Kegiatan Sanlat bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa dalam bentuk ibadah dan muamalah.

Selama menjadi siswa SMP Al Kautsar siswa wajib mengikuti kegiatan Sanlat sebanyak tiga kali yaitu Sanlat Siswa Baru, Sanlat Ramadhan dan Sanlat Nasional.