SMA Al Kautsar Pertahankan Juara Umum Osakom Unila

AL KAUTSAR Unggul Islami Global

SMA Al Kautsar berhasil mempertahankan juara umum Olimpiade Sains, Matematika, dan Komputer (Osakom) tingkat Provinsi Lampung yang digelar FMIPA Universitas Lampung (Unila).

SMA Al Kautsar berhasil menyabet 1 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu, dan berkesempatan memegang Piala Bergilir Dekan FMIPA selama satu tahun kedepan.

Lima siswa yang berhasil meraih juara adalah Razan Danendra (medali emas bidang Fisika), Alya Najwa Salsabila (medali perak bidang Matematika), Alghoza Hamdani (medali perak bidang Komputer), Cakrawangsa Praba (medali perunggu bidang Komputer), dan Annisa Rizki Waya (medali perunggu bidang Kimia).

“Alhamdulillah, tim SMA Al Kautsar bisa mempertahankan juara umum untuk yang kedua kalinya. Tim ini tim lapis kedua yang kami kirim, karena tim utama mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi. Terimakasih kepada pembina dan pelatih olimpiade SMA Al Kautsar yang kembali mengharumkan SMA Al Kautsar Sekolahnya Para Juara,” ujar Eko Anzair, Jumat (17/9/2021).

Selain menerima tropi, para peserta mendapatkan uang tunai untuk program pembinaan siswa. Pemberian tropi dan piala bergilir akan dilaksanakan pada acara puncak Dies Natalis FMIPA ke 32, Senin, 15 November 2021.

Sementara, guru pembina olimpiade SMA Al Kautsarz Muhammad Zainul Wahid mengatakan Osakom FMIPA Unila dilaksanakan selama tiga hari, 14-16 September 2021, secara full online.

Olimpiade ini dalam rangka memperingati Dies Natalis Dies FMIPA ke-32 sekaligus Dies Natalis ke-56 Unila.

“Untuk soal-soal Osakom ini ada yang berupa pilihan ganda, essay, dan khusus untuk bidang komputer ada praktiknya,” kata Zainul.

Menurut dia, Osakom diikuti oleh sekitar 400 pelajar dari SMA sederajat se-Provinsi Lampung. Lomba digelar dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Zainul menjelaskan, sebelum mengikuti lomba, siswa dikarantina di Perpustakaan SMA Al Kautsar dan dilatih serta dibimbing mengerjakan soal-soal olimpiade.

“Semua dilalukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tutur Zainul.

Dia mengatakan, semua prestasi ini berkat kegigihan dan kerja keras siswa, bapak-ibu guru, dan dukungan orangtua siswa.

“Peran guru pembimbing dan kegigihan siswa serta doa dari bapak ibu guru lainnya menjadi kunci keberhasilan yang diraih, tentunya atas izin Allah Subhanahuwata’ala,” pungkasnya.


Pelaksanaan Osakom FMIPA Unila dilaksanakan full online, 14-16 September 2021.

Location

Jl. Soekarno Hatta (Depan Islamic Center (Rajabasa Bandar Lampung)

Jam Operasional

08.00 – 14.00 WIB
Senin s.d Jum’at

Contact us

0721 – 788 410
Email: perguruanalkautsar@gmail.com

Hubungi Kami Via Email