SMA Al Kautsar Gelar Sanlat Bagi 388 Siswa Baru

SMA Al Kautsar menggelar pesantren kilat (Sanlat) bagi 388 siswa baru selama tiga hari, Kamis-Sabtu (14-16 Juli 2022). Kegiatan Sanlat dibuka oleh Sekretaris Yayasan Al Kautsar, Mariana.

Ketua Panitia Sanlat SMA Al Kautsar, Heri Saputra mengatakan kegiatan Sanlat bertujuan menyiapkan siswa-siswi agar istiqamah menjalankan perintah Allah dan Rasulnya, memberikan materi tentang tata cara beribadah sesuai sunnah Rasul, memberkan pemahaman cara berakhlak yang benar kepada orang tua, guru, karyawan teman, dan lingkungan, serta memberi motivasi dalam belajar secara Islami.

“Kami berharap dengan mengikuti kegiatan Sanlat ini dapat meningkatkan pengetahuan, penghayatan, dan kemampuan siswa dalam bidang agama Islam, terutama bagi mereka yang sejak SMP melakukan pembelajaran daring,” kata Heri.

Dia berharap, Sanlat memberi energi positif dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahuwata’ala serta memotivasi siswa dalam belajar.

“Kami juga ingin siswa menerapkan pembiasaan-pembiasaan baik yang sudah menjadi ciri khas siswa-siswi SMA Al Kautsar baik ketika berada di sekolah maupun saat di rumah,” tutur Heri.

Beberapa materi dan praktik yang disampaikan pada Sanlat adalah dasar-dasar tauhid, tata cara berwudhu yang benar tadabur Al-Qur’an, bimbingan dzikir sebelum sebelum dan sesudah shalat, serta materi-materi mengenai adab-adab Rasulullah dalam kehidupan sehari-sehari.

Sementara, Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair dalam sambutannya mengingatkan semua siswa yang menjadi peserta Sanlat untuk mengikuti kegiatan selama tiga hari ini secara sungguh-sungguh.

“Jangan mengeluh, nikmati dan jalankan apa yang sudah menjadi bagian dari program sekolah. Ikuti dan terapkan pembiasaan-pembiasaan dan adab-adab yang sudah menjadi ciri khas siswa-siswi Al Kautsar,” kata Eko Anzair.

Foto.

Siswa baru SMA mengikuti kegiatan Pesantren Kilat 14-16 Juli 2022, di sekolah setempat.