SMP Al Kautsar menggelar pesantren kilat (sanlat) Ramadhan secara online selama lima hari, mulai tanggal 19 April 2021 hingga 23 April 2021. Sanlat ini diikuti oleh 284 siswa kelas VII SMP Al Kautsar.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan, pesantren kilat Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, membentuk pribadi yang soleh/solehah dan berakhlakul karimah.

“Kami mengharapkan siswa mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti cara berwudhu, tuntunan sholat, membaca alquran yang baik, berpuasa dan menerapkan alkhlakul karimah,” ujar Rudi, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, siswa juga dianjurkan melaksanakan ibadah sunah seperti shalat dhuha, shalat tahajud, serta shalat tarawih di malam bulan Ramadhan.

Sementara itu, panitia pelaksana Sanlat Ramadhan, Nurhayati menjelaskan Sanlat Ramadhan online dilaksanakan menggunakan aplikasi google classroom, google meet dan zoom.

“Materi sanlat meliputi adabul salad (akhlak anak), membaca Alquran, wudhu dan sholat,” ujarnya.

Kegiatan dilaksanakan selama lima hari, tanggal 19-23 April 2021 mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB.

“Tutor sanlat guru-guru di lingkungan Al Kautsar, dan juga mengundang tutor atau ustad/ustazah dari luar,” kata Nurhayati.