Sebanyak 326 siswa kelas XII SMA Al Kautsar mengunjungi Sekolah Kedinasan Akademik Kepolisian (Akpol) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (11/12/2019).

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, kunjungan ini bertujuan memberikan wawasan dan gambaran kepada para siswa kelas XII yang sebentar lagi akan lulus.

“Melalui kunjungan ini siswa mendapatkan gambaran tentang sekolah kedinasan, salah satunya Akpol ini, ” ujar Eko Anzair, dihubungi, kemarin.

Menurut Eko, di Akpol, siswa disambut oleh jajaran pimpinan Akpol yang memberikan penjelasan tentang sistem pendidikan di Akpol.

“Termasuk informasi jadwal penerimaan Akpol, syarat-syarat masuk Akpol sehingga siswa yang berminat masuk Akpol bisa menyiapkan diri sejak awal, ” tutur Eko.

Sementara itu, Koordinator Wisata Edukasi SMA Al Kautsar, Septinah Welasih menjelaskan, wisata edukasi ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun.

Menurut dia, untuk tahun ini, dari total 336 siswa kelas XII, ada 10 siswa yang tidak bisa ikut wisata edukasi ke luar daerah.

“Bagi siswa yang tidak ikut ini, kami juga berikan tugas untuk kunjungan ke perguruan tinggi dan kedinasan di Lampung, ” ujar Septinah.

Sedangkan, wisata edukasi yang diikuti oleh 326 siswa ini dilakukan selama enam hari, Selasa-Minggu (10-15/12/2019).

Kunjungan perdana dilakukan ke Akpol, Semarang, pada hari berikutnya ke Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Untuk jurusan IPA akan mengunjungi Fakultas Tekhnik, dan untuk siswa IPS kunjungan ke Sospol. Kunjungan dilanjutkan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

“Di hari terakhir, siswa melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Yogyakarta,” ujarnya. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *