Tim SMA Alkautsar Sabet Juara I LCT TVRI

TIM SMA Alkautsar berhasil meraih juara I Lomba Cepat Tepat (LCT) Sains yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung bekerjasama dengan TVRI, pada 29—30 Mei lalu, di kantor LPMP provinsi Lampung.
Ajang yang dikenal dengan LCT TVRI ini rutin diselengagrakan setiap tahun. Pada tahun lalu, Alkautsar tergeser dari posisi tiga besar, semua terbalaskan di tahun ini dengan meraih posisi puncak sebagai juara I LCT TVRI, disusul SMAN 2 Bandar Lampung di posisi II, dan SMAN 3 Metro di posisi III.

“LCT Sains ini bekerjasama dengan TVRI dan MKKS Provinsi dan pertandinganya ditayangkan di TVRI, karena itu kegiatan ini dikenal dengan LCT TVRI. Ini ajang cukup bergengsi karena setiap kabupaten/kota mengirimkan tim dari sekolah unggulan mereka,” kata guru pembimbing LCT SMA Alkautsar Tatang Bahtiar, Jumat (12/6).
Menurut Tatang, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 18 tim. Setiap kabupaten/kota mendapat jatah mengirimkan masing-masing satu tim. Namun, ada beberapa daerah yang tidak mengirimkan timnya untuk mengikuti ajang ini. Akhirnya, kuota yang kosong diberikan kepada daerah yang mampu mengirimkan lebih dari satu tim.
“Makanya ada daerah yang mengirimkan dua tim, khusus untuk Bandar Lampung mengirimkan empat tim, dua tim lainnya dari SMA Fransiskus dan Xaverius,” kata Tatang.
Dia menjelaskan, tim Alkautsar yang berhasil merebut juara di ajang LCT tingkat provinsi ini adalah Safira Aisyah Putri, Widya Khairunnisa, dan Yusuf Ibadurrahman.
Menurut Tatang, juri LCT melibatkan ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) setiap bidang studi. Soal-soal berupa sains dan pengetahun umum juga dibuat oleh tim MGMP bersama MKKS dan Disdikbud Provinsi Lampung.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *