Tim SMA Al Kautsar Jawara LCCK Nasional

TIM SMA Al Kautsar yang terdiri dari Fadli Muhammad Aulia, Siti Editha Raisa, dan M Hafizd berhasil meraih juara I Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) tingkat nasional. LCCK bertema Ilmu Kebumian Sebagai Hermonisasi Indra Alam dan Kebumian tersebut diikuti sekitar 200 tim dari SMA/sederajat se Indonesia. LCCK UGM 2016 merupakan ajang bergengsi perebutan gelar tim kebumian terbaik di Indonesia.

Kegiatan digelar oleh Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), di Kantor Pusat Teknik UGM, selama dua hari, Selasa—Rabu (4—5 Oktober). Tim SMA Al Kautsar berhasil mengungguli SMA Salatiga dari Semarang yang berada di posisi II, dan SMA Darmayuda dari Riau juara III, sedangkan SMAN 1 Yogyakarta hanya berhasil menyabet Juara Harapan I.
Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh tim SMA. Bahkan, SMA Al Kautsar berhasil mengungguli tim LCCK dari SMA di pulau Jawa. “Ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan kemampuan siswa-siswa di Lampung, terutama Al Kautsar tidak kalah dengan siswa-siswa di Jawa,” kata Eko, kemarin (6/10).
Sementara, Wakil Kepala Bidang Kesiswaaan Yudi Antoni menjelaskan, ajang LLCK UGM merupakan salah satu ajang yang rutin diikuti oleh SMA Al Kautsar. Sebelumnya, tim SMA Al Kautsar pernah meraih juara 2 LCCK, dan the best praktikum. “Alhamdulillah tahun ini berhasil meraih juara I, ini tentunya sebuah peningkatan. Dengan prestasi ini, tim Al Kautsar mendapatkan piala dari Kemendikbud,” ujar Yudi.
Dia memaparkan beberapa tahapan yang harus dilewati oleh seluruh peserta LCCK, yaitu tahapan pertama berupa tes tertulis, tes peraga, dan tes lapangan. “Pada tahap pertama ini, tim Al Kautsar berada di peringkat II,” katanya.
Setelah itu, dipilih tim terbaik untuk berlaga di tahap kedua berupa Lomba Cerdas Cermat. Tim SMA Al Kautsar berhasil mengumpulkan nilai tertinggi sehingga masuk babak final dan menjadi Jawara di ajang bergengsi ini.
aka
Foto: Para juara LCCK UGM 2016 berfoto bersama, didampingi panitia dan guru pendamping, Rabu (5/10), di Kantor Pusat Teknik UGM.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *