SMP Al Kautsar mengundang motivator untuk memberi motivasi dan menguatkan mental 291  siswa kelas IX SMP Al Kautsar dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin—Kamis (23—26/04/2018).

Kepala SMP Al Kautsar, Sri Purwaningsih mengatakan tujuan memberikan semangat kepada para siswa agar benar-benar matang baik secara materi maupun secara mental dalam melaksanakan UNBK mulai Senin depan. Motivasi ini untuk membangun kepercayaan diri, kejujuran, serta semangat melakukan yang terbaik saat ujian nanti.

“Ini merupakan UNBK pertama bagi SMP Al Kautsar, selama dua tahun berturut-turut ini SMP Al Kautsar memperoleh nilai integritas tertinggi di Lampung. Kami terus mendorong siswa untuk melaksanakan UN secara sungguh-sungguh dan jujur, serta berharap dapat mempertahankan nilai integritas tertinggi di tahun ini,” ujar Sri Purwaningsih, Kamis (19/04/2018).

Menurut dia, para siswa sudah dipersiapkan secara materi melalui Program Gempita, yaitu gemar belajar, pintar dan tawakkal. Dia menjelaskan, dengan kegiatan gemar belajar maka siswa akan pintar, dan setelah menguasai materi atau pintar, maka hasil ujian diserahkan kepada Allah atau tawakkal.

“Program ini sudah dijalankan sejak Februari, para siswa memperdalam materi pelajaran yang diujikan di UN, latihan soal, mengikuti try out yang digelar MKKS dan Dinas Pendidikan, serta  sudah mengikuti tiga kali melaksanakan simulasi UNBK yang digelar oleh pusat,” ujarnya. Sri Purwaningsing menjelaskan, selama simulasi UNBK tidak ditemukan kendala apapun, para siswa sudah terbiasa dan akrab dengan ujian berbasis komputer.

Pihak sekolah sudah menyediakan 108 laptop dengan 3 server, serta 1 cadangan. Untuk mengantisipasi mati listrik, pihak sekolah menggunakan UPS yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki daya tahan selama 5 jam ketika tidak ada saluran listrik.

“Untuk jaringan lancar, bandwidth 20 mega bps, dengan dedicate 1:1, artinya saluran internet tersebut menjadi hak penuh satu pelanggan, yaitu SMP Al Kautsar, jadi kemungkinan masalah jaringan sangat minimal atau bahkan tidak ada,” ujar Proktor SMP Al Kautsar Hendri.

Sehari sebelumnya, SMP Al Kautsar juga melakukan kegiatan muhasabah dalam memperingati Israk Mikraj, yang diisi oleh Sekretaris Pendidikan Yayasan Al Kautsar Rizal Efendi menjaskan tentang pentingnya shalat dalam membentuk karakter Islami. “Kewajiban melaksanakan shalat mengajarkan kita karakter-karakter baik, misalnya disiplin, tepat waktu, patuh, serta rendah hati dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Sang Pencipta,” tutur Rizal Efendi.  ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *