SMP Al Kautsar Gelar Diklat Ekskul

Pihak SMP Al Kautsar menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Ektrakurikuler bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR), Palang Merah Remaja (PMR), dan drumband selama tiga pekan ini. Kegiatan diklat dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu.
Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan, kegiatan diklat merupakan kelanjutan dari orientasi gabungan (orgab) beberapa waktu lalu. “Pada orientasi gabungan, siswa kelas VII sudah mengenal berbagai ekskul yang ada di SMP Al Kautsar. Nah, diklat ini bertujuan mengembangkan kegiatan ekskul untuk tiga bidang ini agar semakin berprestasi,” kata Sri Purwaningsih, kemarin (1/11). Menurutnya, PMR dan KIR sudah beberapakali menjadi jawara di ajang tingkat nasional. “Kalau bisa, ke depan, ini dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi.”

Sementara itu, Koordinator Kegiatan OSIS SMP Al Kautsar mengatakan prestasi di bidang ekskul cukup tinggi. SMP Al Kautsar memiliki 11 ekskul yang dapat diikuti oleh para siswa. Selain KIR, PMR, drumband, juga ada olahraga futsal, voli, seni, tari, rohis, vokal grup, dan lainnya. “Pada kegiatan diklat, siswa-siswa ini diberi motivasi berorganisasi, serta kegiatan teknis di ekskul tersebut. Tujuannya agar siswa bisa mengembangkan ekskul untuk meraih prestasi,” kata dia.
Pembina KIR yang juga guru teknologi dasar SMP Al Kautsar, Fatoni mengatakan untuk diklat KIR dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (29—30/10). Pada Sabtu, para peserta diberi pembekalan tentang berorganisasi, orientasi laboratorium, serta penulisan berita dan mading. “Pada Minggunya, peserta membuat sabun batangan dan rekayasa telur rebus,” kata Fatoni.
Dia menjelaskan, pembuatan sabun menggunakan NaOH dicampur minyak goreng, pewarna dan pewangi. Seluruh bahan ini dicampur menggunakan blender, setelah itu didiamkan sehingga membentuk sabun batangan. “Adukan ini didiamkan beberapa menit, nanti akan mengeras menjadi sabun batang,” katanya.
Sedangkan, rekayasa telur rebus dilakukan dengan cara memutar-mutar telur mentah hingga 70 kali puteran, setelah itu telur baru direbus. Dengan perlakuan putaran tersebut, telur isi telur rebus akan terbalik dengan posisi kuning di luar, dan putih telur dibagian dalam.
kir-smp-aka 
FOTO: Peserta Diklat KIR SMP Al Kautsar mempraktekkan proses pembuatan sabun mandi menggunakan campuran NaOH, pewangi, pewarna dan minyak goreng, Minggu (30/10).
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *