SMA Al Kautsar Mulai Bekali Siswa Hadapi UN

SMA Al Kautsar sudah membentuk tim untuk melaksanakan Program Persiapan Ujian Nasional (P2UN) pada akhir Januari, tim ini akan melaksanakan tugasnya hingga April mendatang, menjelang pelaksanaan UNBK SMA.

Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso, pekan lalu membuka pelaksaan P2UN dengan menyampaikan pesan kepada 309 siswa kelas XII yang akan melaksanakan UN di tahun ini. “Bapak berharap, kalian lebih rajin dan lebih serius lagi belajar. Melalui program ini nanti akan terpantau sejauh mana penguasaan kalian terhadap materi UN, sehingga guru bisa tahu mana yang harus ditingkatkan dan mana yang harus diperdalam dan diperkaya. Bapak harapkan pada pelaksanaan UNBK nanti, kalian sudah siap secara materi, mental dan spritual, sehingga nilainya bagus-bagus,” ujar Wagiso.
Ketua P2UN SMA Al Kautsar, Dewi Wijayanti mengatakan P2UN ini merupakan program rutin SMA Al Kautsar dalam mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional. P2UN  melibatkan para guru mata pelajaran untuk memperkuat penguasaan materi pelajaran yang diujikan di UN kepada para siswa.
Secara teknis, Dewi memaparkan, total siswa 309 orang dibagi menjadi 11 kelas sesuai dengan mata pelajaran pilihan, yaitu Sosisologi  dua kelas, ekonomi satu kelas, geografi dua kelas, fisika satu kelas, biologi tiga kelas dan kimia satu kelas.
“Proses belajar pada setiap kelas mata pelajaran, jamnya lebih banyak. Setiap hari, siswa membahas soal-soal sesuai dengan jadwal karena ada modul untuk UNBK dan modul untuk USBN,” ujar Dewi.
Dia mencontohkan, untuk kelas ekonomi, jam pelajaran ekonomi 6 jam dalams seminggu, sedangkan jam pelajaran yang lainnya di kelas tersebut menyesuaikan dengan pembagian jam pelajaran yang sudah ada. “Tujuan dan harapannya agar semua siswa kls XII bisa lulus dengan nilai yang baik, dan bisa melanjutkan ke PTN atau Sekolah Kedinasan sesuai dengan harapan mereka masing-masing,” tuturnya.
Selain kegiatan P2UN, para siswa juga akan mengikuti try out yang dilaksanakan internal sekolah untuk memantau sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi UN.
Selain pematangan persiapan UN, para siswa juga bersiap untuk mengikuti simulasi UNBK  yang dilaksanakan serentak secara nasional pada 21 dan 21 Februari 2018. Guru IT SMA Al Kautsar, Ari Gunawan menjelaskan sama seperti tahun tahu, simulasi UNBK akan dilaksanakan tiga sesi dengan menggunakan tiga laboratorium komputer. Pihak sekolah sudah menyediakan perangkat server, komputer, dan jaringan, serta tiga proktor yang merupakan sarjana komputer.

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *