Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair berharap penilaian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lebih objektif, tidak ada kecurangan. “Ini tahun kedua SMA Al Kautsar mengikuti UNBK ya. Harapannya dalam penilaiannya lebih objektif, anak-anak SMA khususnya Kota Bandar Lampung lebih berprestasi, tidak ada kecurangan atau hal-hal lainnya,” ujar Eko Anzair, kemarin (12/04/2018).

Kemarin merupakan hari terakhir pelaksanaan UNBK jenjang SMA. Sesuai jadwal, pelaksanaan UNBK selama empat hari dimulai sejak Senin (9/04) dengan mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Selasa (10/04) mata pelajaran Matematika, Rabu (11/04) mata pelajaran  Bahasa Inggris, dan pada Kamis (12/04) mata pelajaran jurusan.

Eko mengatakan, tahun ini peserta UNBK di SMA Al kautsar berjumlah 309 siswa. Ujian dilaksanakan tiga shif, yaitu pagi mulai pukul 07.30-09.30, shif dua pukul 10.30-12.00, dan shif tiga 14.00-16.00. “Alhamdulillah tidak ada kendala selama pelaksanaan UNBK, login lancar, tidak ada mati listrik,” kata Eko.

Namun, lanjutnya, pada saat ujian matematika, siswa sempat mengeluhkan satu soal matematika yang gambar grafiknya tidak muncul ci layar komputer. “Itu sepertinya memang kesalahan dari soal, tapi yang melapor ke saya sekitar lima siswa,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, siswa juga mengeluhkan beberapa soal yang sulit, gradenya lebih tinggi dibandingkan dengan soal-soal yang pernah dikerjakan siswa pada USBN atau tiga kali simulasi UBNK sebelumnya. “Itu saja sih keluhan dari siswa, yang lainnya lancar, tidak ada masalah,” kata Eko.

Sementara itu, Siswa kelas XII IPS 3, Devimira Dona Putri yang mengambil jurusan sosiologi mengikuti ujian sosiologi pada hari terakhir kemarin. Dia mengaku dapat melakukan login dengan lancar serta menjawab semua soal. “Alhamdulillah bisa dijawab semua,” ujar Devimira.

Menurutnya, semua materi soal sosiologi yang diujikan di UNBK sudah pernah dipelajari semua di sekolah. “Alhamdulillah, semua materi yang diujian sudah pernah dipelajari semua di sekolah, jadi nggak ada sulit-sulit banget, semua soal bisa dijawab insya Allah,” katanya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *