Labbaika Allahumma labbaika.

Labbaika la syarika laka labbaika.

Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.

laa syarika laka.

Doa yang sering dilantunkan oleh para jamaah haji terdengar dari halaman Wisma Haji Bandar Lampung. Sebanyak sebanyak 127 siswa TK Al Kautsar menggunakan pakaian ikhram berkeliling minitur kakbah sambil melafalkan doa haji. Prosesi manasik haji ini dibimbing oleh guru Agama TK Al Kautsar, Hj. Hanidar. Kegiatan manasik dilaksanakan di Wisma HAji Islamic Centre mulai pukul 08.00 hingga 09.30, Selasa (14/08/2018).

Kepala TK Al Kautsar, Fatmawati mengatakan kegiatan manasik haji ini merupakan program rutin tahunan untuk memberikan pengalaman manasik haji kepada anak-anak sejak dini.

“Seminggu lagi kan umat Islam merayakan lebaran Idul Adha atau lebaran haji, nah kami ingin anak-anak tidak hanya memiliki wawasan tentang haji tetapi juga merasakan seperti apa berhaji itu dengan mempraktekkan rukun haji, mulai dari  niat, menggunakan pakaian ikhram, tawaf, sa’i, wukuf, tahalul dan tertib, serta prosesi ibadah lainnya,” ujarnya.

Fatmawati berharap, melalui praktik manasik haji tersebut, para siswa mengetahui makna dari setiap rukun haji dan mewarnai sikap dan karakter anak dalam kehidupan sehari-hari.

Dia mencontohkan, ibadah Sa’i berupa lari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Marwah sebanyak tujuh kali berasal dari kisah Siti Hajar (Ibunda Ismail) yang berlari-lari diantara kedua bukit tersebut sambil berdoa kepada Allah meminta air untuk minum bayi Ismail yang kehausan.

“Ini memberi makna kepada siswa bahwa manusia hanya bergantung dan meminta pertolongan kepada Allah semata, manusia tidak boleh berputus asa terhadap Rahmat Allah dan harus selalu berusaha sambil berdoa. Akhirnya, Allah memunculkan mata air melalui hentakan kaki Nabi Ismail yang saat itu masih bayi, maka disebutlah air yang mengalir dari mata air itu air zam-zam,” tuturnya. ()

Foto : melakukan lempar jumroh dan shalat di makam Nabi Ibrahim.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *