Siswa SMA Al Kautsar atas nama Az Zahra Lintang Gunung Ramadhan berhasil meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional untuk bidang mata pelajaran Geografi.

“Alhamdulillah, salah satu siswa kami berhasil meraih medali perunggu di OSN tingkat nasional yang digelar di Padang, Sumatera Barat pada 1-7 Juli kemarin,” kata Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair, Senin (9/7/2018). Dia berharap, ke depannya, siswa SMA Al Kautsar semakin banyak yang mencetak prestasi di ajang OSN. Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang meraih prestasi tingkat nasional, pihak yayasan memberikan reward berupa uang tunai.

Pada ajang OSN tersebut melombakan 9 bidang mata pelajaran yaitu matermatika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Komputer, Kebumian, dan Ekonomi.

Guru pembina Olimpiade Bidang Geografi, Yulia Putri mengatakan, khusus untuk peserta OSN bidang Geografi berjumlah 85 orang se Indonesia. Sebelum maju ke ajang OSN Tingkat Nasional, Az Zahra Lintang Gunung Ramadhan mengikuti pelatihan bersama tim provinsi Lampung ke Parung, Bogor.

“Selain pelatihan yang diberikan pihak dinas pendidikan provinsi Lampung bekerjasama dengan lembaga pelatihanosn.com, dari pihak SMA Al Kautsar sendiri juga melakukan pembinaan dan pelatihan dengan mengundang dua tutor privat dan Bandung dan Jogja,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Guru Pembina Olimpade,  Guntur mengatakan, pada OSN Tingkat Kota Bandar Lampung, pihak sekolah mengirimkan siswa untuk mengikuti 9 bidang studi yang dilombakan di OSN. “Yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi kemarin ada dua siswa yaitu Berlinda dan Az Zahra, tapi yang lolos ke tingkat nasional hanya Az Zahra. Alhamdulillah, satu siswa SMA Al Kautsar yang lolos ini berhasil menyumbang medali perunggu untuk tim Lampung,” ujar Guntur.

Saat ini, uajr Guntur, para peraih medali OSN temasuk Az Zahra bersiap menghadapi ajang Internastional Geography Olimpiad (iGeO) yang akan digelar pada 31 Juli hingga 6 Agustus 2018. “Ini para peraih medali OSN ini sudah mulai mengikuti pelatnas iGeo,” tuturnya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *