Siswa Lampung Unjuk Bakat di GKS SD Al Kautsar

SD Al Kautsar kembali menggelar Gebyar Kreativ Siswa (GKS) yang diikuti oleh sekitar 1.600 siswa dari 50 TK dan SD se Provinsi Lampung. Ajang unjuk kreasi dan bakat siswa ini dilaksanakan selama tiga hari, Selasa—Kamis, 20—23 Februari 2018. Kegiatan dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso, Selasa (20/2), di lapangan SD Al Kautsar. Wagiso menjelaskan, GKS merupakan kegiatan rutin tahunan SD Al Kautsar dalam rangka memperkenalkan sistem pendidikan dan lingkungan sekolah kepada masyarakat Lampung.
 

“Setelah mengenal lingkungan sekolah Al Kautsar, bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang tertarik untuk memasukkan anaknya ke SD Al Kautsar sudah bisa mendapatkan informasi dari kepala sekolah dan guru-guru SD Al Kautsar,” ujarnya. Wagiso juga memaparkan beberapa pertasi SD Al Kautsar baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional, salah satu prestasi terbaru adalah meraih Juara I Sekolah Sehat dalam Lomba UKS Tingkat Nasional.
 
Sementara itu, Kepala SD Al Kautsar , Yus Indra selain ajang promosi sekolah, GKS juga bertujuan menggali bakat dan kreatifitas siswa baik di bidang seni, tahfiz, olahraga, dan akademik, melatih kedisiplinan, kejujuran, serta sportivitas selama mengikuti berbagai perlombaan. Untuk penerimaan murid baru, lanjut Yus Indra, dimulai pada 3 Maret hingga 28 Maret mendatang. Menurutnya, SD Al Kautsar membuka 8 rombongan belajar dengan jumlah 28 siswa per rombongan belajar.
 
“Syaratnya minimal anak sudah berumur 6 tahun per 1 Juli. Kami hanya melakukan seleksi umur saja, tidak ada tes baca-tulis atau tes-tes lainnya. Ini sesuai dengan peraturan Kemendikbud,” ujar Yus Indra. Menurutnya, pembelajaran di SD Al Kautsar tidak hanya dibekali ilmu akademik, tapi juga ilmu agama dan wawasan global. “Insya Allah, bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang menitipkan anak di SD Al Kautsar tidak akan kecewa karena anak-anak di SD Al Kautsar ini dididik untuk cerdas, berwawasan global dan berakhlatulkarimah,” katanya.
 
Ketua Panitia GKS SD Al Kautsar, Ahmad Zaki Mubarok mengatakan 1.600 peserta GKS berasal dari 50 TK se Lampung. Ada 9 kategori lomba yang dilaksanakan yaitu  lomba tari tradisional kreasi, dai cilik, kid english song, tahfid, mewarnai, adzan, nasyid, mendongeng,  drumband, dan memanah. “Nah, lomba memanah khusus untuk jenjang SD, diikuti oleh sekitar 40 peserta dari SD-SD di Lampung,” ujar Zaki.
 
Menurutnya, para pemenang akan mendapatkan setifikat, piala dan khusus untuk drumband mendapatkan uang pembinaan. Persiapan GKS yang melibatkan seluruh guru sebagai panitia ini dilakukan selama dua minggu. Selain menggelar berbagai lomba, juga ada penampilan dari siswa-siswa SD Al Kautsar. “Harapan kami, ajang ini dapat membangun kepercayaan diri para siswa agar lebih berani mengekspresikan diri, kemampuan, kreatifitas, bakat dan karya-karya yang dimiliki,” kata Zaki.
Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso didampingi pengurus yayasan dan Kepala SD Al Kautsar Yus Indra usai pembukaan GKS SD Al Kautsar,  Selasa (20/5).
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *