Di hari terakhir pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),  Kamis (19/07/2018), sebanyak 258 siswa baru SMP Al Kautsar tampak sibuk membawa buku meminta tandatangan guru-guru SMP Al Kautsar. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengenalan lingkungan sekolah agar para siswa baru mengenal guru-guru yang nanti akan mengajar mereka selama tiga tahun di sekolah.

Waka Kurikulum SMP Al Kautsar,  Agus Sugiarto mengatakan MPLS dilaksanakan selama tiga hari mulai 17-19 Juli.  “Ini hari terakhir pelaksanaan MPLS,  besok sudah mulai pembukaan hari belajar efektif, “tuturnya.

Beberapa materi yang disampaikan  di MPLS adalah sosialisasi tata tertib sekolah,  pengenalan sistem dan teknik belajar,  adab dan culture Al Kautsar,  tata upacara,  serta baris berbaris.

Menurut Agus,  sebelumnya para siswa baru juga sudah mengikuti kegiatan Pesantren Kilat Siswa Baru yang dilaksanakan pada 14-16 Juli 2018. “Jadi kegiatan siswa baru ini rangkaiannya,  dimulai dengan Sanlat,  dilanjutkan dengan MPLS m,  setelah itu mulai hari belajar efektif, ” kata Agus.

Dia memaparkan, kegiatan kelas 7 ini berbarengan dengan kegiatan kelas 8 yang mengikuti  Pematapan Disiplin Siswa (PDS)  selama tiga hari yaitu 17-19 Juli 2018, serta siswa kelas 9 yang mengikuti Pesantren Kilat Nasional.

“Untuk kegiatan giatan PDS ini lebih kepada memantapkan disiplin siswa,  ditekankan lagi tentang tata tertib sekolah. Pihak panitia bekerjasama dengan Korem untuk melatih PBB Dasar,  PBB Lanjut, juga ada hiking dan terakhir kegiatan outbond, ” ujarnya.

Sedangkan Sanlat Nasional, kata Agus, lebih menekankan kesadaran siswa untuk melaksanakan ibadah. Jika selama ini siswa sudah mendapatkan ilmu, pengetahuan dan wawasan tentang nilai-nilai Islam, maka di Sanlat Nasional ini memperdalam pemahaman dan meningkatkan kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah.

Sanlat Nasional yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren dan Ikatan Qori Bandar Lampung ini menjelaskan materi tentang aqidah ( iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada dan qadar), Tahsin (hukum mad dan waqof), tarikh Islam, haji dan umroh, penyelenggaraan jenazah, zikir, doa, dan akhlak. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *