Sebanyak 351 siswa  SMA Al Kautsar mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat)  yang digelar mulai Kamis (12/07/2018) sampai Sabtu (14/07/2018). Kegiatan Sanlat yang diwajibkan bagi para siswa baru ini dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Al-Kautsar, Hi. Rizal Efendi, S.Ag., M.Pd.

Rizal Efendi mengatakan Sanlat merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh siswa baru dan juga merupakan salah satu syarat kelulusan di SMA Al Kautsar.
“Ikuti kegiatan Sanlat ini dengan sungguh-sungguh karena ini juga menjadi pijakan awal untuk para guru SMA Al Kautsar melihat dan memantau kemampuan setiap siswa dalam bidang agama,  baik tentang wawasannya,  pemahamannya ataupun hapalan dan ibadahnya, ” ujar Rizal.
Menurut dia,  kegiatan ini bertujuan membentuk generasi beriman, bertaqwa, cerdas dan berakhlak mulia demi kemajuan Al Kautsar yang unggul, Islami dan berwawasan global.
Sementara itu,  Ketua Pelaksana Sanlat SMA Al Kautsar, Yusuf menjelaskan 351 peserta sanlat tersebut terdiri dari 347 siswa kelas X dan 4 siswa kelas XI. “Sebelas siswa kelas VI ini adalah siswa yang tahun sebelumnya belum mengikuti Sanlat. Dari 351 peserta,  ada satu siswa yang tidak lulus karena tidak mengikuti semua kegiatan,  siswa ini wajib mengikuti Sanlat di tahun depan, ” tutur Yusuf.
Dia memaparkan, selain para guru Al Kautsar, pihak panitia juga melibatkan tutor dari ustad-ustad di pesantren Bandar Lampung.
Yusuf mengatakan,  ada 13 materi yang disampaikan dalam kegiatan Sanlat,  diantaranya bersuci , shalat, hafalan, penanaman akhlak baik dan adab-adab yang ada di SMA Al-Kautsar.
“Dalam kegiatan Sanlat ini,  para siswa baru juga dikenalkan dengan adab-adab SMA Al Kautsar seperti adab kepada guru ataupun kepada sesama siswa,” ujarnya.
Kegiatan ditutup oleh Kepala Sekolah SMA Al-Kautsar: Hi. Eko Anzair, S.Si.
Dia berharap setelah mengikuti kegiatan Sanlat,  para siswa semakin termotivasi dalam beribadah, belajar dan akhlaktul karimah.
Siswa juga diharapkan termotivasi dalam meraih prestasi dan mendapatkan PTN yang dicita-citakan.
“Masa telah berubah dari putih biru ke putih abu-abu, Jadi berubahlah. Jika kalian berubah ke arah yang lebih baik maka kesuksesan ada di depan kalian,” kata Eko Anzair. ()
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *