Siswa Al Kautsar Rebut Piala Bergilir Rektor Unila

Siswa SMA Al Kautsar, Timmuriana Shafa (kelas XI MIPA 2) berhasil merebut piala bergilir Rektor Universitas Lampung (Unila) dengan menyabet Juara I Mathematic English Chalengge (MEC) yang digelar Jurusan Matematika FMIPA Unila, 2-4 Maret 2018. Disusul oleh Hanifa Rahma Hadi (kelas XI MIPA 1) di posisi ke 5 atau Juara Harapan 2 MEC.
 

Guru matematika SMA Al Kautsar, Aulia Rahman mengatakan perlombaan tersebut adalam rangka Dinamika ke-19 Jurusan Matematika FMIPA Unila, diikuti oleh ratusan siswa SMA dan sederajat di tingkat Provinsi Lampung. Ada beberapa cabang lomba yang digelar, diantaranya Cerdas Cermat Matematika, Mathematic English Chalengge dan Olimpiade Matematika.
 
“Ada tujuh siswa yang kami kirimkan untuk mengikuti tiga cabang lomba, dan Alhamdulillah Timmuriana berhasil meraih juara I dan mendapatkan piala bergilir Rektor Unila,” ujar Aulia Rahman, kemarin (5/3/2018).
 
Aulia memaparkan, persiapan dilakukan seminggu sebelum lomba, khusus untuk cabang MEC mewajibkan siswa membuat bahan presentasi mata pelajaran Matematika menggunakan Bahasa Inggris. “Latihan pembuatan power point ini dilakukan Kamis, satu hari sebelum lomba,” katanya.
 
Di babak penyisihan, lanjut Aulia, para peserta diminta mempresentasikan materi himpunan dan fungsi relasi dalam bahasa Inggris di depan dewan juri. Hingga babak semi final dan final, dua siswa Al Kautsar Timmuriana Shafa dan Hanifa Rahma Hadi dinyatakan lolos.
 
“Pengumuman kan sore, malam harinya kedua siswa ini sudah mempersiapkan power point untuk dipresentasikan di final, temanya tentang Peluang. Jadi, koordinasi dengan saya dilakukan melalui whatss app dan lewat telpon,” ujar Aulia.
 
Dia berharap, di tahun depan, tim SMA Al Kautsar bisa lebih baik lagi dengagn meraih prestasi di cabang yang lain yaitu Cerdas Cermat Matematika, dan Olimpiade Matematika.
 
Dalam waktu dekat ini, tim matematika SMA Al Kautsar kembali akan mengikuti seleksi Lomba Cerdas Cermat Matematika Tingkat Provinsi Lampung. Seleksi dilakukan pada 10 Maret 2018, setiap SMA sederajat di Bandar Lampung diminta mengirimkan 1 tim terbaik mereka. “Kegiatan ini digelar oleh MKKS dan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, saya berharap, tim SMA Al Kautsar lolos dan mewakili Bandar Lampung di tingkat provinsi nanti,” tuturnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *