Siswa Al Kautsar Jawara Olimpiade Sosiologi

Siswa SMA Al Kautsar kembali menoreh prestasi. Minggu (22/7) Rana Shofatul Islam berhasil meraih juara I di Ajang Olimpiade Sosiologi tingkat Provinsi Lampung yang digelar di Fisip Universitas Lampung (Unila). Di posisi kedua diraih oleh siswa dari SMA 10 dan juara III diraih oleh siswa MAN Metro.

Guru pendamping, Tetty mengatakan ada puluhan peserta dari berbagai sekolah di Bandar Lampung dan kabupaten/kota lain yang menjadi peserta olimpiade tersebut. “Alhamdulillah, siswa Al Kautsar berhasil meraih juara I, ini membuktikan bahwa siswa Al Kautsar tidak hanya berprestasi di bidang eksak, tapi juga di bidang non eksak,” ujar Tetty, kemarin.
Tetty memaparkan, di Al Kautsar seluruh potensi siswa didukung, baik di ilmu sains, sosial, seni, olahraga dan agama. “Termasuk di bidang sosiologi ini, dilakukan pembinaan dan pelatihan bagi siswa-siswa yang gemar mata pelajaran Sosiologi dan diikutikan ke berbagai perlombaan,” kata dia.
Di ajang Olimpiade tersebut, puluhan peserta diminta mengerjakan sekitar seratus soal pilihan bidang ilmu sosiologi, setelah itu diambil beberapa peserta untuk bersaing memperebutkan juara I, II dan III. Di tahap final ini, peserta bersaing mengerjakan beberapa soal esai yang diberikan oleh tim juri yang merupakan dosen-dosen jurusan Sosiologi.
Sebelumnya, tiga siswa SMA Al Kautsar berhasil memboyong medali di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di Pekanbaru, Riau, pada 5—7 Juli.  Ketiganya adalah  Faiza Nur Azelia meraih medali perak bidang Ekonomi, Azri Alfaizar medali perungggu bidang geografi, dan M hafizh Ghifari meraih medali perungggu bidang Kebumian.
Selain itu,  Fadly Muhammad Aulia  juga masuk tim nasional untuk berlaga di  Olimpiade Sains Internasional yang akan digelar di Perancis pada 22 Agustus mendatang. Fadly Muhammad Aulia yang meraih medali perunggu di OSN Palembang tahun lalu mewakili Indonesia untuk bidang Kebumian.
FOTO : Siswa SMA Al KAutsar Rana Shofatul Islam menerima piala dari panitia Olimpiade Sosiologi Fisip Unila, Minggu (22/7).
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *