SD Alkautsar Jawara LCT dan FSI

TIM SD Alkautsar kembali unjuk prestasi dengan menyabet juara I Lomba Cepat Tepat  (LCT) se Kota Bandar Lampung yang digelar oleh Simpur Centre pada Jumat—Sabtu (29—30/5), di Flaying Stage Gedung Simpur Centre.   
 
LCT dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini diikuti oleh 24 tim yang berasal dari 13 SD se Kota Bandar Lampung. Guru pendamping LCT SD Alkautsar, Tina Fitriani mengatakan SD Alkautsar mengirimkan dua tim  untuk mengikuti LCT tersebut dan keduanya lolos pada babak penyisihan.
 

“Dari 24 tim, ada 19 tim yang lolos babak penyisihan termasuk dua group dari Alkautsar,” kata Tina, Rabu (3/6).  Sedangkan tim yang lain berasal dari SD Xaverius 3, SD Xaverius 1, SDN 2 Gedong Air, dan SDN 2 Rawa Laut.
 
Setelah berlaga di babak semi final, satu tim SD Alkautsar yakni  Rahma Nurjannati, Denisa Maharani dan M Lefran R.R melaju ke final dan berhasil mengumpulkan nilai tertinggi. Tim SD Alkautsar ini dinobatkan sebagai juara I LCT Simpur Centre, selanjutnya juara II diraihkan oleh tim SD 3 Xaverius, dan juara III diraihkan oleh SD 1 Xaverius.
 
“Alhamdulillah, kami berhasil meraih piala bergilir Simpur Centre,” kata Tina. Menurut dia, ini bukan prestasi yang pertama diraih SD Alkautsar. Sebelumnya, tim SD Alkautsar telah memboyong piala tetap Simpur Centre karena mampu bertahan sebagai juara I selama tiga kali berturut-turut.
 
Selain dibidang akademik, siswa SD Alkautsar juga memiliki prestasi di bidang Agama Islam. Untuk kedua kalinya, SD Alkautsar berhasil meraih juara umum dan merebut piala bergilir di ajang Festival Seni Islam (FSI) tingkat kecamatan Rajabasa, Selasa (26/5). Kegiatan yang digelar oleh kelompok kerja guru pendidikan agama islam (KKG-PAI) kecamatan Rajabasa ini diikuti lebih dari 300 siswa SD negeri dan swasta se Rajabasa.
 
Ketua Panitia FSI Amiruddin mengatakan FSI merupakan ajang untuk menunjukkan prestasi siswa SD dalam bidang keagamaan. “Lewat FSI ini nanti akan terlihat bagaimana proses kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di sekolah,” kata Amiruddin, kemarin.
Dia mengatakan, SD Alkautsar berhasil meraih juara I pada lomba Qasidah. Selanjutnya juara I Kaligrafi yang diraih oleh Ernando Rizki, Calisa Balqis (juara II kaligrafi), M Ayustio (juara II dai cilik). Serta, juara I Cerdas Cermat Agama dengan anggota tim Rahma Nurjannati, Alif Raihan, Kanza Ratu Devita, dan Amey Syifa Wulandari.
 
Acara dibuka langsung oleh Kepala Kementrian Agama Bandar Lampung Saraden Nihan. Turut hadir Kepala UPT Rajabasa Puspa Dewi, para kepala SD, pengurus TK/SD, guru-guru PAI, dan PNFI di kecamatan Rajabasa. 
 
Tujuh cabang lomba yang diselenggarakan yaitu MTQ, azan, hafidz quran, kaligrafi, dai cilik, cerdas-cermat agama, dan qosidah. “Kami berharap kepada Kemenag Kota agar kegiatan FSI ini ditindaklanjuti hingga ke tingkat kota dan provinsi,” ujar Amiruddin.
 
Sementara itu, Saraden Nihan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh KKG PAI kecamatan Rajabasa ini. “Ini menunjukkan kreatifitas guru-guru PAI di kecamatan Rajabasa. Kami akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan kota Bandar Lampung agar kegiatan ini juga bisa dilakukan di tingkat kota,” kata Saraden Nihan.
 
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *