SD Al Kautsar Miliki 36 Pojok Literasi

Perpustakaan SD Al Kautsar menjadi salah satu pokja yang mendukung kemenangan SD Al Kautsar menjadi Sekolah Sehat Nasional 2017 kategori perkotaan. Pustakawan SD Al Kautsar, Yanti Indrasari mengatakan, dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional beberapa bulan lalu, Al Kautsar menampilkan 23 program kerja (pokja) diantaranya polisi cilik, dokter cilik, tanaman obat sekolah, membatik, serta perpustakaan.
 

“Perpustakaan dan UKS/Dokter Cilik memiliki nilai tertinggi dalam mendukung kemenangan SD Al Kautsar menjadi Sekolah Sehat tingkat nasional. Tim juri menilai, perpustakaan memiliki program-program yang unggul dan menarik,” ujar Yanti, dihubungi kemarin (24/11). Dua program unggulan perpustakaan SD Al Kautsar adalah Program Wajib Kunjungan ke Perpustakaan dan 36 Pojok Literasi di setiap kelas.
Yanti mengatakan, untuk Program Kunjungan Wajib Perpustakaan, pihaknya membagi jadwal kunjungan setiap hari ada dua kelas yang wajib mengunjungi perpustakaan untuk mendorong minat baca siswa. “Program kunjungan wajib ini diluar yang kunjungan di jam istirahat dan sepulang sekolah,” tuturnya. Untuk memotivasi semangat siswa, pihak pustakawan memberikan reward kepada pengunjung terajin, terapi, dan terfavorit.
 
Menurut dia, perpustakaan SD Al Kautsar buka mulai pukul 7.30 hingga 14.30. Saat ini sudah memiliki 22.000 koleksi buku dari berbagai kategori mulai dari buku sastra, komik, cerita rakyat, ilmu pengetahuan, atlas, biografi, pelajaran, dan lainnya. “Setiap tahun, yayasan Al Kautsar menganggarkan penambahan koleksi buku mencapai 600-700 eksemplar buku,” katanya. Selain itu, tambahan koleksi juga berasal dari sumbangan anak-anak kelas VI yang sudah lulus, minimal siswa menyumbangkan satu buku untuk perpustakaan.

Sementara Pojok Literasi di masing-masing kelas memiliki 35-40 eksemplar buku yang disesuaikan dengan jumlah siswa. Setiap 20 hari sekali, masing-masing kelas boleh menukarkan koleksi bukunya dengan kelas lain. “Supaya tidak membosankan, setiap 20 hari sekali, setiap kelas boleh menukarkan koleksi bukunya dengan kelas lain,” ujarnya. Perpustakaan SD Al Kautsar juga memiliki fasilitas audio visual bagi siswa yang ingin menonton kisah nabi atau cerita anak lain yang menyisipkan nilai-nilai agama dan moral.
Print Friendly, PDF & Email

6 thoughts on “SD Al Kautsar Miliki 36 Pojok Literasi

  1. Semoga dengan adanya program ini bisa meningkatkan minat siswa-siswi Al-Kautsar untuk membaca 🙂
    Sukses dan maju terus untuk Al-Kautsaarr!!

  2. Semoga Program Wajib Kunjungan ke Perpustakaan dan 36 Pojok Literasi di setiap kelas bisa mendorong minat baca siswa untuk kedepannya dan juga bisa meningkatkan kualitas siswa dalam membaca

  3. Untuk kedepannya semoga Yayasan AlKautsar khususnya SD AlKautsar yang sudah menampilkan program-programnya, bisa lebih meningkatkan keunggulan setiap programnya dan lebih bisa mengasah kemampuan siswa lewat program tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *