SD Al Kautsar Matangkan Lomba UKS Tingkat Provinsi

Kepala SD Al Kautsar Yus Indra mengatakan pihaknya saat ini tengah mematangkan persiapan menuju Lomba Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Provinsi Lampung. “Nanti penilaiannya dilakukan pada 25 Oktober, tim dari provinsi akan turun ke sekolah. Semoga nanti bisa maju ke tingkat nasional,” ujar Yus Indra, kemarin (20/10).

Sementara itu, guru pembina UKS yang juga Waka Bidang Kesiswaan Sugeng K Priyono menjelaskan beberapa persiapan yang telah dilakukan. Menurutnya, pihaknya sudah membentuk 20 kelompok kerja yang nantinya bisa dinilai oleh dewan juri. “Misalnya tentang kantin sehat, bagaimana makanan yang dijual, pembinaan terhadap para penjual di kantin,” kata Sugeng. Sarana prasarana di sekolah, seperti kotak sampah, sabun dan air untuk mencuci tangan, serta lainnya.
Menurutnya, jaringan sekolah juga akan dinilai seperti kerjasama dengan BPOM, Puskesmas, dinas kesehatan, dan Badan Pengelolahan Lingkungan Hidup Daerah. “Termasuk juga kerjasama dengan rekanan swasta, seperti yang selama ini sudah berjalan di Al Kautsar yaitu kerjasama dengan Konsorsium Nestle, penerbit, dan lain sebagai,” kata dia.
Tidak hanya itu, dukungan penuh dari para orangtua juga menjadi keunggulan tersendiri di SD Al Kautsar. Menurut dia, support para orang tua siswa dalam bentuk penerapan hidup sehat kepada para siswa lewat bekal sehat yang disediakan dari rumah.
“Sebenarnya ini sudah lama dilakukan, tapi terus kami pupuk. Sekarang juga ada paguyuban orang tua, jadi lebih mudah menyinergikan program-program sekolah dengan para orang tua siswa.”
Sugeng memaparkan, sesuai ketentuan lomba, ada tiga kementrian yang terlibat dalam penilaian lomba ini, yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Kesehatan, Kementrian Dalam Negeri, dan Kementrian Agama. “Jadi yang dinilai mulai dari muatan lokal tentang kesehatan, sarana-prasarana pendukung, serta prilaku atau penanaman karakter tentang pola hidup bersih dan sehat kepada para siswa, masyarakat sekolah, termasuk orang tua siswa,” tuturnya.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *