Sejarah Singkat

  1. Yayasan Al Kautsar Lampung pembentukannya dirintis oleh Kelompok Pengajian Al-Amal di Bandar Lampung, beranggotakan perorangan dari unsur-unsur pejabat pemerintah dan swasta, akademisi, dan masyarakat Provinsi Lampung yang beragama Islam, yang diketuai oleh Bapak Syamsuddin Tohir dan Sekretaris Bapak Nasrun Rakai. Kelompok pengajian Al-Amal secara rutin melakukan diskusi dan pengajian bulanan di kediaman anggota secara bergilir. Pada perkembangan selanjutnya keanggotaannya bertambah dengan perorangan baik unsur-unsur pejabat pemerintah yang masih aktif maupun dari pejabat purna tugas, swasta, tokoh masyarakat Islam di kabupaten/kota di seluruh Provinsi Lampung.
  2. Pada bulan Januari 1991, pengajian Al-Amal membahas isu penting dalam bidang Pendidikan, yaitu:
  • Relatif rendahnya kualitas sekolah umum dan sekolah agama di Provinsi Lampung.
  • Masyarakat Lampung memiliki kecenderungan untuk menyekolahkan putra-putrinya ke luar Lampung terutama ke sekolah unggul di Jakarta, Jogjakarta, dan Bandung, baik sekolah umum, sekolah Islam, maupun sekolah non Islam.
  • Di Bandar lampung tidak tersedia sekolah umum yang berkualitas unggul bernafaskan Islam dan memiliki sistem pengajaran yang berkalitas seperti yang diharapkan masyarakat.
  • Persaingan yang semakin berat bagi siswa lulusan dari Lampung untuk memasuki sekolah unggul di Lampung.
  • Mengembangkan Islamic Center dengan Masjid Nurul Ulum menjadi Pusat Kebudayaan dan Pusat Pendidikan Umat Islam Lampung.
  1. Pada bulan maret 1991 disepakati untuk segera membangun suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah yang bernafaskan Islam dan bermutu di Propinsi Lampung
  2. Pada bulan Mei 1991 dibentuk Panitia Persiapan Pendirian SMP dan SMA yang diberi nama “Nurul Ulum” (Cahaya Ilmu), yang kemudian menyusun proposal pendirian sekolah termasuk Yayasan yang menaunginya dengan nama Yayasan Nurul Ulum.
  3. Pada tahun pelajaran 1991/1992, SMP dan SMA Nurul Ulum mulai menerima murid baru, dan untuk sementara waktu siswanya dititipkan pada SMP Negeri II dan SMA Negeri II Tanjung Karang.
  4. Pada bulan November 1991 diadakan pertemuan khusus antara Ibu Sri Mulyati Poedjono, Bapak Poedjono Pranyoto, Bapak Syamsudin Thohir (yang sangat aktif memprakarsainya) dan Ir. Harris Hasyim, M.A., untuk mencari pengganti nama Nurul Ulum, yang sebenarnya sangat bagus artinya tetapi tidak marketable untuk nama sekolah, apalagi sudah dipergunakan untuk nama Masjid Raya Islamic Center. Berdasarkan kesepakatan pada hari Jum’at tanggal 8 Nopember 1991 pukul 17.00 dirumah kediaman Ibu Sri Mulyati Poedjono, atas saran Ibu Sri Mulyati Poedjono resmi nama Nurul Ulum diganti dengan nama “AL KAUTSAR” (Nikmat yang berlimpah) berdasarkan nama surat dalam Al-Qur’an surat 108, dan disepakati oleh yang hadir.
  5. Pada tanggal 16 November 1991 Kelompok Pengajian Al-Amal yang di pimpin oleh Bapak Syamsudin Thohir sebagai Ketua dan Nasrun Rakai sebagai Sekretaris membentuk Yayasan Al kautsar, dan untuk menindaklanjuti pendirian Yayasan tersebut Kelompok Pengajian Al Amal mengeluarkan surat mandat Nomor : Khusus/Al Amal/I/1991 yang meminta nama-nama di bawah ini dan sekaligus untuk duduk sebagai Pengurus Yayasan Al Kautsar Lampung dengan susunan sebagai berikut :
  • Bapak Poedjono Pranyoto, sebagai Pelindung
  • Ibu Sri Mulyati Poedjono, sebagai Ketua
  • Bapak Drs. H. Man Hasan, sebagai Anggota
  • Bapak Drs. H. Fauzie Saleh, sebagai Anggota
  • Bapak Alhusniduki Hasim, S.E., M.Sc., sebagai Anggota
  • Bapak Ir. Harris Hasyim, M.A., sebagai Sekretaris
  1. Yayasan Al Kautsar Lampung yang secara khusus mengelola kegiatan pendidikan umum Islami di Propinsi Lampung didirikan pada tanggal 16 Januari 1992 dengan SK Nomor : 01/I/SK/YPD/1991, di Kota Bandar Lampung dan di tetapkan dengan Akte Notaris pada tanggal Delapan bulan Februari tahun Seribu Sembilan Ratus Sembilan Puluh Tiga (08-02-1993). Tanggal 16 Januari tersebut untuk selanjutnya ditetapkan menjadi hari jadi Yayasan Al Kautsar Lampung.
  • Selanjutnya, Yayasan Al Kautsar Lampung membentuk organisasi dibawahnya untuk mengelola kegiatan bidang Pendidikan umum bernafaskan Islam dan Unit/Sub Unit penunjang Pendidikan.
  • Yayasan Al Kautsar Lampung dalam kegiatan pengelolaan Pendidikan adalah sebuah lembaga pendidikan dengan nama “Yayasan Al Kautsar Lampung”. Pengelola Yayasan terdiri dari unsur Pembina, Pengurus, dan Pengawas Yayasan Al Kautsar Lampung seperti dimaksud dalam AD/ART Yayasan Al Kautsar Lampung
  • Selain mengelola Pendidikan Yayasan Al Kautsar Lampung juga akan mengelola kegiatan-kegiatan bidang sosial, bidang ekonomi, dan bidang kesehatan.

Lambang Yayasan Al Kautsar

LOGO ALKAUTSAR DODY copy

Lambang Yayasan Al Kautsar Lampung. Berbentuk perisai dengan warna dasar kuning  yang didalamnya terdapat tulisan dan gambar berwarna biru, yaitu dua buah tulisan berhuruf arab berbunyi Al Kautsar yang saling berhadapan, bintang bersudut lima di tengan, serta gambar buku yang terbuka yang masing-masing melambangkan :

  1. Bentuk umum seperti I (Alif) seperti gambar dibawah ini, yang melambangkan tekad Al Kautsar untuk menjadi “Yang Terbaik” dalam menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa Kepada Allah SWT yang berakhlakulkarimah serta berdaya saing tinggi.
  2. Tulisan Al Kautsar dengan huruf arab yang saling berhadapan seperti pintu gerbang melambangkan bahwa Al Kautsar merupakan pintu gerbang untuk mendapatkan nikmat yang berlimpah.
  3. Buku yang terbuka melambangkan sumber ilmu pengetahuan yang terbuka, akuntabel dan transparan sebagai Moto Yayasan.
  4. Bintang bersudut lima melambangkan keislaman (rukun islam) dan nasionalisme (pancasila).
  5. Warna dasar kuning melambangkan sifat transparan dan percaya diri
  6. Warna tulisan dan gambar biru melambangkan kewibawaan dan derajat yang tinggi

 

 

Print Friendly, PDF & Email