Penerimaan Kelas Unggul Al Kautsar Diserbu Pendaftar

SMA dan SMP Al Kautsar mulai membuka pendaftaran kelas unggul pada Sabtu (10/03/2018) hingga 23 Maret. Selama sepuluh hari ini, sekretariat Penerimaan Murid Baru (PMB) Al Kautsar yang ada di SMP Al Kautsar mulai diserbu pendaftar. Kelas unggul SMP dan SMA Al Kautsar memang menjadi favorit  pendaftar karena menyediakan banyak beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi di kelas. Ketua Panitia PMB Al Kautsar Rifal Effendi mengatakan penerimaan kelas unggul hanya untuk satu kelas saja dengan jumlah siswa 32 orang.

Menurut dia,  peserta yang mendapat nilai tertinggi yaitu 1-5 besar akan dibebaskan dari biaya SPP 100% setiap bulannya, selanjutnya peringkat 6-10 mendapatkan keringanan SPP 50%, dan peringkat 11-20 mendapat keringan SPP 25%.  Tidak hanya keringan biaya SPP, lanjut Rizal Effendi, bagi peringkat 1-3 juga akan diberi keringanan uang pangkal 50%, peringkat 4-6 mendapat keringanan uang pangkal 25%, dan peringkat 7-10 mendapat keringanan 20%.

“Nilai ini nanti merupakan rata-rata dari seluruh hasil tes mulai dari tes tertulis berupa mata pelajaran PAI, Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS, skolastik, serta tes wawancara terkait minat, bakat dan potensi siswa,” ujar Rizal Effendi.

Persyaratan untuk mendaftar di kelas unggul SMA Al Kautsar cukup  ketat, yaitu juara 1-3 untuk kelas reguler  mulai kelas VIII hingga semester 1 kelas IX, sedangkan untuk kelas unggul meraih rangking 1-10. Nilai rata-rata untuk mata pelajaran PAI, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Matematika setiap semester tidak boleh kurang dari 7,75. Tes tertulis dan wawancara  akan dilaksanakan pada Minggu (25/03), sedangkan pengumuman kelulusan pada Selasa (27/03).

Berbeda dengan SMA, ujar Rizal, untuk SMP Al Kautsar, beasiswa dan keringanan SPP baru diberikan pada semester II berdasarkan hasil rapor semester I kelas VII, yaitu Juara kelas 1-5 bebas SPP 100%, peringkat 6-10 mendapat keringanan SPP 50%, dan peringkat 11-15 mendapat keringanan SPP 30%.  “Untuk informasi lengkapnya bisa datang ke Sekretariat PMB Al Kautsar di SMP Al Kautsar,  “ ujarnya.

Sementara itu, Panitia PMB Al Kautsar di bagian pendaftaran,  Yanti Indrasari mengatakan hingga kemarin siang pendaftar kelas unggul SMA sudah mencapai 195 orang, sedangkan pendaftar untuk kelas unggul SMP sebanyak 150 orang. “Ini baru sampai siang ini, pendaftaran buka sampai pukul tiga sore,” ujarnya. ()

FOTO : Peserta mendaftar di sekretariat PMB Al Kautsar di SMP Al Kautsar,  Selasa (20/03)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *