Peguruan Al Kautsar mulai membuka pendaftaran jalur kelas Plus jenjang SMP dan SMA sejak Selasa (21/3), satu hari setelah pengumuman jalur kelas unggul. Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Al Kautsar Mariana mengatakan pengumuman kelulusan peserta jalur kelas unggul dilaksanakan Senin (20/3), setelah itu pendaftaran jalur Plus langsung dibuka. “Bagi peserta yang tidak lolos jalur Unggul, dapat langsung mendaftar jalur Plus tanpa dipungut biaya pendaftaran lagi,” kata Mariana, Selasa (21/3).

Mariana menjelaskan, pendataran jalur kelas Plus dibuka hingga 31 Maret mendatang. Syarat pendaftaran jalur kelas Plus SMP memiliki nilai rata-rata Pendidikan Agama Islam, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Indonesia tiap semester minimal 77,50, sedangkan untuk kelas Plus SMA nilai rata-rata minimal 7,50.
“Persyaratan lainnya menyerahkan fotokopi rapor yang telah dilegalisir, foto hitam putih ukuran 3×4 cm dua lembar, dan foto kopi piagam prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat kecamatan,” ujar Mariana. Ujian tertulis jalur Kelas Plus dilaksanakan pada 2 April dilanjutkan dengan tes wawancara, dan kelulusan peserta diumumkan pada 4 April.
Selain itu, Mariana juga memaparkan ada peningkatakn jumlah pendaftar pada jalur kelas Unggul di tahun ini. Jika tahun lalu untuk jenjang SMA hanya sekitar 200-an pendaftar, maka tahun ini naik mencapai 356 pendaftar. Sedangkan kuota jalur kelas Unggul SMA Al Kautsar hanya 68 siswa. Pendaftar jalur kelas Unggul jenjang SMP juga cukup banyak yaitu 215 orang dengan kuota 64 siswa.
Dia juga menjelaskan beberapa perkembangan Al Kautsar mulai tahun ajaran baru 2017/2018, yaitu nenerapkan sistem full day school dengan jam masuk sekolah Senin—Jumat. Penerapkan kurikulum 2013 (K-13) yang mulai merata di semua jenjang kelas. Secara fasilitas, Kampus Al Kautsar dilengkapi dengan laboratorium komputer yang juga dipakai untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK), lapangan olahraga, outbond, kantin,poliklinik, perpustakaan, asrama, dan tahun ini mulai membangun Masjid Kampus Al Kautsar yang akan menjadi pusat kegiatan keagamaan para siswa, guru dan karyawan Al Kautsar dengan daya tampung sekitar 1.500 jamaah.
 
FOTO. Para peserta jalur kelas Unggul dan siswa melihat perangkingan nilai pada pengumuman kelulusan kelas Unggul SMP dan SMA Al Kautsar, Selasa (21/3).
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *